Breaking News:

Besok 1000 Rapid Test Pesanan Pemko Siantar Tiba, Anggaran Rp 42 Miliar Diambil dari Dana Kelurahan

Anggaran Rp 42 M itu diambil dari sebagian besar dana kelurahan (DK) yang ditampung di APBD Kota Siantar tahun 2020.

TRIBUN MEDAN/ALIJA
PLT KEPALA Bappeda Kota Pematangsiantar, Imam Sholeh. 

TRI BUN-MEDAN.com, PEMATANGSIANTAR - Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar mengambil langkah serius menangani Covid-19.

Pemko Pematangsiantar pun harus mengalihkan fokus anggaran Dana Kelurahan (DK) untuk menangani Covid-19 di wilayahnya. 

Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BPPPD/Bapeda) Kota Siantar, M Hammam Sholeh di Posko Covid-19 Kota Siantar, Rabu (8/4/2020) menyampaikan, sebelumnya Pemko memanfaatkan dana dari biaya tak terduga (TT) sebesar Rp 3 miliar. 

Dijelaskan Hamam, penambahan dana TT sebesar Rp 42 M merupakan kebijakan perubahan anggaran melalui refocusing yang dilakukan Pemko Siantar.

Untuk tahap awal ini, anggaran Rp 42 M itu diambil dari sebagian besar dana kelurahan (DK) yang ditampung di APBD Kota Siantar tahun 2020.

"Refocusing anggaran masih akan dilakukan Pemko Siantar. Seperti rasionalisasi anggaran pada pos anggaran di setiap organisasi perangkat daerah (OPD). Seperti, salah satunya rasionalisasi anggaran perjalanan dinas. Rasionalisasi anggaran ini diperkirakan akan mampu menambah anggaran penanggulangan Covid-19 sebesar Rp 24 miliar," katanya.

Bahkan, jika sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi terhadap penyebaran Covid-19, Wali Kota Siantar, Hefriansyah telah mengintruksikan penggunaan dana (belanja) pembangunan. 

“Jika semakin parah, Wali Kota sudah instruksikan penggunaan dana pembangunan,” ujar M Hammam Sholeh sembari berharap Covid-19 segera berakhir.

Kemudian pada Kamis (9/4/2020) besok, direncanakan alat rapid test Pesanan Pemko Siantar tiba untuk dimanfaatkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pematangsiantar.

Ini merupakan salah satu program yang didahulukan Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kota Siantar.

Ratusan TKI dari Malaysia Akan Didaftarkan Kartu Pra Kerja, Nantinya Dapat Rp 3,55 Juta per Orang

Halaman
123
Penulis: Alija Magribi
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved