WhatsApp Batasi Fitur Teruskan hanya Untuk Satu Orang, Cegah Penyebaran Berita Hoaks Covid-19

WhatsApp akan batasi fitur 'teruskan' atau 'forward' yang biasanya bisa dikirimkan ke lebih dari 5 orang menjadi hanya 1 orang saja.

Freepik
WhatsApp 

WhatsApp akan batasi fitur 'teruskan' atau 'forward' yang biasanya bisa dikirimkan ke lebih dari 5 orang menjadi hanya 1 orang saja.

TRI BUN-MEDAN.com - Mulai hari ini, Selasa (07/04/2020), WhatsApp akan batasi fitur 'teruskan' atau 'forward' yang biasanya bisa dikirimkan ke lebih dari 5 orang menjadi hanya 1 orang saja.

Hal ini diambil pihak pengembang WhatsApp untuk mengurangi serta mencegah persebaran berita bohong atau hoaks yang akhir-akhir ini marak terkait virus Covid-19.

"Kami tahu banyak pengguna mengedepankan informasi bermanfaat, serta video lucu, meme, dan kata-kata motivasi ataupun doa yang mereka anggap bermakna," ungkap pihak WhatsApp seperti yang dikutip dari The Verge.

"Dalam beberapa minggu terakhir pun, orang-orang juga menggunakan WhatsApp untuk memberikan dukungan publik untuk para pekerja kesehatan yang menjadi garis terdepan (penanganan Covid-19)," paparnya.

"Namun, kami telah melihat akhir-akhir ini terjadi peningkatan persebaran berita bohong (hoaks). Oleh karena itu, penting untuk memperlambat penyebaran pesan-pesan itu agar WhatsApp menjadi tempat percakapan pribadi yang ramah," lanjut pihak WhatsApp.

Pasalnya, sangat mudah bagi setiap pengguna untuk meneruskan berita yang entah betul atau tidak kebenarannya kepada ratusan kontaknya di WhatsApp.

Apalagi dengan adanya fitur enkripsi pihak WhatsApp tidak bisa memfilter informasi apa yang diteruskan oleh setiap pengguna.

Eksperimen dilakukan pihak pengembang WhatsApp sejak 2018 lalu.

Mulai dari memberi label 2 panah untuk pesan mana yang diteruskan pertama kali, hingga pembatasan pesan yang bisa diteruskan.

Halaman
12
Editor: Randy P.F Hutagaol
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved