Ratusan TKI Malaysia Serbu Sumut

Personel Lanud Soewondo Bersiap Sambut TKI Tiba di Tempat Karantina

Mayor Kes dr Whiko, yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara, memberikan arahan kepada para personel TNI

Tribun-Medan.com/Maurits Pardosi
Mayor Kes dr Whiko memberikan arahan kepada para petugas yang bekerja bagi TKI yang karantina sementara di Lanud Soewondo, Kamis (9/4/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Mayor Kes dr Whiko, yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara, memberikan arahan kepada para personel TNI untuk waspada dalam menyambut kedatangan Tenaga Kerja Indoonesia (TKI) dari Malaysia di Lanud Soewondo, Kamis (9/4/2020).

Whiko menyampaikan kepada anggotanya agar selalu menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) selama bertugas di ruangan karantina.

"Semua petugas harus tetap gunakan APD yang sudah kita sediakan bagi yang punya kepentingan ke ruangan," ujar Whiko pada saat pemberian arahan kepada para petugas yang akan bertugas pada Kamis (9/4/2020).

Dari amatan Tribun, para petugas sedang berkumpul di bawah tenda dan sekaligus posko jaga dan logistik selama TKI dalam masa karantina.

Sebelumnya Danlanud Soewondo Kol Pnb Meka Yudanto menyampaikan bahwa para TKI akan dijemput menggunakan armada bis milik Dinas Sosial.

Whiko menyampaikan kepada para petugas agar tetap berikan layanan optimal terhadap TKI yang sedang jalani masa karantina sementara.

"Mereka itu adalah saudara kita, mereka harus tetap dijaga dengan tetap berpedoman pada protokoler yang ada," tambahnya.

Terkait penjagaan bagi TKI, ia mengimbau petugas agar para TKI tetap berada dalam ruangan.

"Dengan penjagaan ini, kita pastikan bahwa para saudara kita TKI tetap berada dalam ruangan," lanjutnya.

Bentuk pelayanan kepada para TKI, makanan dan kebersihan bagi TKI tetap diperhatikan.

"Dalam hal ini, kita juga telah sediakan kamar mandi. Makanan kita lakukan tiga kali dan ada dua kali snack. Kita juga sediakan minuman di ruangan, serta kipas agar mereka tetap nyaman," lanjutnya.

Whiko menyampaikan bahwa para TKI ini akan dijemput oleh pemerintah kabupaten/kota masing-masing.

"Mereka akan dijemput oleh pihak pemerintah kabupaten dan kota masing-masing. Ini hanya karantina sementara," pungkasnya. (cr3/tri bun-medan.com)

Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved