Breaking News:

Analis Properti Sumut Sebut Sekarang Momentum Tepat Untuk Beli Properti

Analis properti di Sumatera Utara, Edy Sanjaya menilai saat ini menjadi momentum yang tepat untuk membeli properti.

Penulis: Septrina Ayu Simanjorang | Editor: Juang Naibaho
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Pengunjung melihat maket perumahan yang dipajang di sebuah gerai dalam pameran properti, di Sun Plaza, Medan, Jumat (6/3/2020). Pameran properti bertajuk Samera Expo 2020, yang berlangsung tanggal 3 hingga 15 Maret mendatang. 

TRI BUN-MEDAN.com,MEDAN - Virus Corona kini merebak hampir di seluruh dunia. Virus ini juga turut berpengaruh pada ekonomi secara global.

Analis properti di Sumatera Utara, Edy Sanjaya menilai saat ini menjadi momentum yang tepat untuk membeli properti.

"Menurut saya ini saat yang tepat untuk membeli properti. Karena aktivitas ekonomi kan banyak yang melambat," ujar Edy saat dihubungi Tribun Medan, Jumat (10/4/2020).

Alasannya, menurut dia, saat ini sektor bisnis pengusaha banyak yang tidak aktif. Sehingga para pengusaha ini tidak ada pemasukan.

"Namun di sisi lain kebutuhan hidup tetap berjalan juga apalagi jika ada cicilan yang harus dibayar setiap bulannya. Ketika pengusaha ini tak ada uang cadangan mau tidak mau harus jual aset," katanya.

Saat ingin menjual asetnya dengan cepat, harga yang ditawarkan juga menjadi lebih murah dari harga pasar.

"Nah jual aset ini kan biasanya jika butuh cepat apalagi dengan adanya Corona ini pasti jualnya juga murah. Bahkan harga yang ditawarkan hanya 40 hingga 70 persen dari harga pasar," katanya.

Ini menjadi kesempatan yang baik dimanfaatkan oleh investor properti untuk membeli properti yang murah ini. Berkaca pada saat terjadi krisis moneter, banyak pemilik properti yang menjual properti murah. Bahkan harga yang ditawarkan hanya setengah dari harga pasar.

"Kita belajar dari tahun 98 saat terjadi krisis moneter, kerusuhan terjadi dan banyak orang yang eksodus ke luar negeri. Saat itu properti nya juga dijual murah bahkan hanya 30 hingga 50 persen dari harga pasar," katanya.

"Nah pertanyaannya investor cerdas yang membeli properti murah saat ini apakah berdosa? Belum tentu. Justru mereka menjadi orang yang baik karena membantu orang yang butuh uang saat ini," lanjutnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved