Breaking News:

Kabar Terbaru Corona di Sumut

Pemkab Dairi Mulai Bekali Tenaga Kesehatan Puskesmas dengan APD, Vitamin, dan Disinfektan

Pemkab Dairi Mulai Bekali Tenaga Kesehatan Puskesmas dengan APD, Vitamin, dan Disinfektan

TRIBUN MEDAN / DOHU LASE
Dinas Kesehatan Dairi memperlihatkan sebagian perbekalan logistik yang disalurkan kepada seluruh tenaga kesehatan di puskesmas jajarannya kepada wartawan baru-baru ini. 

Laporan Wartawan Tri bun-Medan / Dohu Lase

TRI BUN-MEDAN.COM, DAIRI - Dalam rangka perang melawan virus Corona/Covid-19, Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi menyalurkan alat pelindung diri (APD), vitamin, dan disinfektan kepada seluruh tenaga kesehatan yang bertugas di puskesmas. Total ada 18 puskesmas di Kabupaten Dairi, yang tersebar di 15 kecamatan.

Plt Kadis Kesehatan Dairi, Fris Turnip mengatakan, tindakan ini merupakan perintah Bupati Eddy Berutu. Tenaga kesehatan di puskesmas dibekali sedemikian rupa seperti tenaga kesehatan di RSUD Sidikalang, agar siap meladeni ancaman Covid-19 dengan serius.

"Hal ini adalah bekal bagi para tenaga kesehatan di puskesmas untuk menangani masyarakat di kecamatan yang diduga terpapar Corona, dan sekaligus juga untuk mengantisipasi penularan bagi tenaga kesehatan itu sendiri" ujar Fris, Minggu (12/4/2020).

Fris menyebut, bekal logistik ini dibeli menggunakan anggaran Belanja Tak Terduga APBD Dairi 2020, oleh Pokja Logistik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dairi.

Fris merinci, APD yang dibagi terdiri atas tiga golongan. Pertama, digolongkan level tiga, yaitu APD tenaga kesehatan di ruang poli umum.

"Untuk tenaga kesehatan di level 3, menggunakan handschoen, masker, dan penutup kepala," ujar Fris.

Untuk level dua, yaitu tenaga kesehatan yang menangani perawatan ODP Covid-19 bergejala, menggunakan penutup kepala, goggles, masker, handschoen, dan apron.

Sementara, untuk level satu, yaitu tenaga kesehatan yang menangani perawatan PDP Covid-19 hingga pemulasaraan dan penguburan pasien meninggal, menggunakan masker N95, goggles, handschoen, cover-all lengkap, dan sepatu boots.

Terpisah, Kepala Puskesmas Sigalingging, Kecamatan Parbuluan, dr Benny Purba, mengaku senang. Lewat pemberian ini, kekhawatiran tenaga kesehatan di kecamatan untuk menangani masyarakat diduga terpapar Corona menjadi sedikit berkurang.

"Kami petugas medis di puskesmas, pustu dan poskesdes siap melayani bila ada masyarakat mengalami gejala klinis yang mengarah ke Covid-19," ucap Benny.

Data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dairi hari Sabtu (11/4/2020) pukul 19.00 WIB, jumlah ODP 31 orang, OTG 61 orang, PDP satu orang, positif nol, PDP meninggal dunia satu orang, dan sembuh satu orang.

(cr16/tri bun-medan.com)

Penulis: Dohu Lase
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved