Gelombang PHK di Sumut

Pengusaha di Sumut Akui Belum Lakukan PHK hingga Saat Ini

Cash flow bisa saja terganggu, tapi seharusnya perusahaan yang baik sudah ada anggaran cadangannya termasuk untuk membayar THR karyawan.

TRIBUN MEDAN/INDRA
SEJUMLAH buruh menunjukkan poster yang bertuliskan beragam tuntutan saat melakukan aksi di depan kantor UPT Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah II Disnaker Provinsi Sumut yang berada di Lubukpakam, Senin (13/4/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sumatera Utara mengatakan hingga saat ini belum ada pabrik yang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Hal ini dikarenakan operasional di pabrik masih berlangsung hingga saat ini.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara, Hendrik H Sitompul mengatakan, PHK merupakan keputusan paling buruk yang akan dipilih.

Ia mengatakan perusahaan seharusnya masih bisa melakukan efisiensi.

"Untuk perusahaan pabrikan, saya belum ada mendengar melakukan PHK. Karena operasional masih berlangsung, mereka juga sudah punya kontrak dengan buyer yang tidak mungkin dihentikan," katanya.

Namun jika ada isu PHK, menurutnya datanya harus jelas.

Harus dipilah apakah yang terkena adalah pekerja harian atau pekerja bulanan.

"Jadi kita sulit untuk mengatakan PHK misalnya pegawai harian, mereka hanya bekerja ketika ada kegiatan itu saja. Pasti apabila kegiatan usaha tutup maka mereka tidak bekerja. Kalau itu pasti ada," katanya.

"Untuk itu kita harus pisahkan PHK ini dilakukan oleh siapa, perusahaan existing atau perusahaan yang masih mempekerjakan pegawai harian. Kalau ada PHK mungkin kecenderungannya adalah perusahaan yang masih menggunakan pegawai harian," lanjutnya.

Ia mengatakan tidak mungkin perusahaan yang besar langsung melakukan PHK. Hal ini karena bisnisnya harus berjalan terus.

"Bayangkan kita PHK lalu kondisi membaik kita harus cari pegawai lagi, dilatih lagi, ini kan bukan pekerjaan yang mudah," katanya.

Halaman
12
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved