Perkuat Ketahanan Ekonomi, BI Sumut Inisiasi Program Pasar Online

Penerapan program dapat diawali dengan pelaksanaan koordinasi antar pihak-pihak terkait.

Tribun-Medan.com/Septrina Ayu Simanjorang
Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Sumut, Wiwiek Sisto Widayat 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Bank Indonesia sedang menginisiasi kerjasama dengan Pemprov Sumut dan Pemko Medan untuk dapat mengimplementasikan Program Pasar Online.

Kerjasama ini bertujuan untuk mengatasi assymetric information serta dalam rangka memperkuat ketahanan ekonomi baik dari sisi konsumen, pelaku usaha mikro seperti pedagang pasar dan sektor informal seperti driver transportasi online di Sumatera Utara, khususnya di kota Medan,

PD Pasar Kota Medan akan menjadi pilot project pertama.

Kepala Perwakilan BI Sumut Wiwiek Sisto Widayat mengatakan program Pasar Online dapat menjadi jembatan yang menghubungkan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pedagang pasar serta para pekerja transportasi online dengan para konsumennya sehingga aktivitas ekonomi dan tingkat konsumsi masyarakat tetap terjaga.

"Penerapan program dapat diawali dengan pelaksanaan koordinasi antar pihak-pihak terkait diantaranya adalah Pemprov Sumut, Pemko Medan, PD Pasar Kota Medan serta pelaku usaha transportasi online di kota Medan dan Sumatera Utara yaitu Gojek dan Grab," ujarnya, Rabu (15/4/2020).

Ia mengatakan pihak PD Pasar Kota Medan dapat melakukan pendataan pedagang di pasar-pasar se-kota Medan.

Adapun data yang dikumpulkan yaitu nama pedagang, jenis produk/barang yang dijual serta nomor kontak yang bisa dihubungi oleh konsumen.

Tanpa Intervensi Bank Indonesia, Rupiah Menguat ke Rp 15.600 Per Dollar AS

Selanjutnya, implementasi Program Pasar Online dapat dilaksanakan setelah dilakukan pendataan secara lengkap.

“Seluruh pihak terkait juga terus melakukan publikasi terkait program, daftar pasar serta data dan kontak pedagang sehingga implementasinya di masyarakat dapat berjalan dengan optimal,” katanya.

Dalam mendukung pengembangan UMKM pada masa Covid-19, BI juga telah memfasilitasi pendampingan UMKM melalui whatsapp group sehingga setiap pelaku usaha binaan dapat berkonsultasi dengan pembina yang tersertifikasi mengenai kendala yang dihadapi di tengah pandemi Covid-19.

Halaman
12
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved