Berselisih dengan Presiden soal Penanganan Covid-19, Menkes Brasil Luiz Henrique Mandetta Dipecat

Dilansir dari AFP, ahli Onkologi Nelson Teich menjadi kandidat terkuat untuk menggantikan Mandetta menurut beberapa media Brasil.

Ueslei Marcelino/REUTERS
Luiz Henrique Mandetta saat masih menjabat sebagai Menteri Kesehatan Brasil, dalam konferensi pers untuk memberikan perkembangan terkini tentang virus corona di Brasil. Mandetta dipecat pada Kamis (16/4/2020) akibat perselisihan yang kian meruncing dengan Presiden Brasil Jair Bolsonaro, terkait penanganan virus corona. Foto diambil pada 15 April 2020. 

Berselisih dengan Presiden soal Penanganan Covid-19, Menkes Brasil Luiz Henrique Mandetta Dipecat

TRIBUN-MEDAN.com - Menteri Kesehatan Brasil Luiz Henrique Mandetta pada Kamis (16/4/2020) mengatakan, dia dipecat oleh Presiden Jair Bolsonaro karena berselisih paham terkait penanganan virus corona.

Pengumuman itu diungkapkan Mandetta di Twitter setelah pertemuan dengan Bolsonaro di istana kepresidenan ibu kota Brasilia.

Hubungan mereka dikabarkan kian memburuk sejak awal wabah Covid-19 memasuki Negeri "Samba".

Mandetta menyarankan isolasi sebagai cara untuk menahan penyebaran virus corona, tetapi Bolsonaro menganggapnya berlebihan.

Pemecatan ini telah diperkirakan sebelumnya, seiring perselisihan yang semakin intens antara Mandetta dan Bolsonaro yang berbeda pandangan.

Segera setelah pemecatan ini diumumkan, warga Brasil melancarkan protes. Mereka memukul panci dan wajan dalam menyuarakan protesnya.

Dilansir dari AFP, ahli Onkologi Nelson Teich menjadi kandidat terkuat untuk menggantikan Mandetta menurut beberapa media Brasil.

Teich sempat maju dalam pencalonan Menteri Kesehatan ketika Bolsonaro diangkat sebagai presiden, namun mantan kapten militer itu kemudian memilih Mandetta.

Brasil sebagai negara terbesar di Amerika Selatan dengan jumlah penduduk mencapai 210 juta, telah mencatatkan hampir 2.000 kematian dan lebih dari 30.000 kasus virus corona.

Sementara itu jumlah pasien sembuh sebanyak 14.026 menurut data dari Worldometers.

Lalu dari 14.913 kasus yang masih aktif sekarang, 6.634 di antaranya berada dalam kondisi kritis.

Brasil disebut telah menjalankan 62.985 tes virus corona, atau rata-rata 296 tes per 1 juta populasi.

Pihak berwenang memperkirakan puncak wabah di Brasil akan datang pada akhir April atau awal Mei.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menkes Brasil Dipecat Usai Berselisih dengan Presiden soal Penanganan Covid-19"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved