Breaking News:

Update Covid19 Sumut 19 April 2020

Data Terbaru Covid-19 Sumut, Pasien Positif Bertambah Jadi 104, PDP Dirawat 139 Orang

Jumlah psien terkonfirmasi positif Corona virus disease (covid-19) di Sumatera Utara per hari ini, Minggu (19/4/2020) mengalami peningkatan

Penulis: Chandra Simarmata | Editor: Juang Naibaho
Tribun-Medan.com/Victory Hutauruk
Juru Bicara Gugas Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemprov Sumut, Mayor KES dr Whiko Irwan D 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Chandra Simarmata

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Jumlah pasien terkonfirmasi positif Corona virus disease (covid-19) untuk wilayah Provinsi Sumatra Utara yang diumumkan hari ini, Minggu (19/4/2020) bertambah lagi.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara Mayor Kes. dr Whiko Irwan, Sp.B memaparkan ada penambahan jumlah pasien positif covid-19, dari sebelumnya berjumlah 103 orang bertambah satu menjadi 104 orang.

"Perkembangan terakhir yang berhasil direkap Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara pada hari ini Minggu (19/4/2020) pukul 17.00 WIB, Jumlah Covid -19 positif dengan rincian penderita dengan hasil tes PCR (swab) positif sebanyak 81 orang. Peningkatkan dibanding jumlah kemarin. Pasien penderita dengan hasil rapid tes positif sebanyak 23 orang," ujarnya saat konferensi pers di Gedung Pemprov Sumut, Minggu sore.

Sementara itu, untuk jumlah PDP, Whiko mengatakan jumlahnya mengalami penurunan. Jika sehari sebelumnya PDP tercatat sebanyak 146 orang berstatus PDP, untuk hari ini jumlah PDP tercatat sebanyak 139 orang.

"Sedangkan Jumlah pasien meninggal covid-19 positif sebanyak 10 orang dan pasien positif yang berhasil sembuh sebanyak 13 orang," tambahnya.

Mayor Whiko menjelaskan, Angka penderita PDP di atas bersifat dinamis dan bisa meningkat atau menurun sewaktu-waktu. Angka tersebut merupakan jumlah PDP yang saat ini sedang dirawat di rumah sakit -rumah sakit di wilayah Sumatra Utara.

Jumlah angka PDP, sambungnya akan bertambah bila ada PDP baru yang masuk ke RS. PDP tersebut selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan swab PCR dan dilaporkan ke dinas kesehatan kabupaten/kota, yang selanjutnya dilaporkan ke dinas kesehatan provinsi.

"Bila hasil swab PCR tadi positif, maka pasien tersebut akan dikategorikan ke dalam covid-19 positif. Sebaliknya bila hasil PCR negatif maka pasien PDB tersebut dikategorikan sebagai penderita noncovid-19 dan akan dirawat sebagaimana penyakit yang dialaminya," terang Whiko.

Lebih lanjut, Mayor Whiko yang mewakili Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara juga turut mengucapkan banyak terima kasih kepada para petugas kesehatan yang saat ini sedang jual mengobati saudara-saudara kita para penderita PDP yang sedang dirawat di rumah sakit.

Begitu juga para donatur yang sudah memberikan sumbangsihnya dalam penanganan virus Corona.

Dia mendoakan semoga Tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan kesehatan, perlindungan dan keselamatan kepada mereka agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

"Berdasarkan instruksi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, bahwa petugas kesehatan yang menangani covid-19 harus menggunakan alat pelindung diri atau APD yang lengkap. Untuk itu gugus tugas percepatan penanganan covid 19 Sumut selalu berupaya untuk mencukupi pengadaan APD baik itu secara mandiri, distribusi dari Kemenkes maupun dari donasi," pungkasnya.

(Can/Tri bun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved