Breaking News:

Upda

Pemkab Dairi Sisihkan Anggaran Rp 44,5 Miliar untuk Penanganan Corona

Kabupaten Dairi menyisihkan Rp44,5 miliar dari total belanja pada APBD-nya tahun 2020 untuk kegiatan antisipasi dan penanganan wabah Corona.

Penulis: Dohu Lase | Editor: Juang Naibaho
shutterstock
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dohu Lase

TRI BUN-MEDAN.COM, DAIRI - Kabupaten Dairi menyisihkan Rp 44,5 miliar dari total belanja pada APBD-nya tahun 2020 untuk kegiatan antisipasi dan penanganan wabah Corona. Angka itu belum termasuk anggaran Belanja Tak Terduga (BTT) sebesar Rp 6 miliar.

Sebagai informasi, total belanja APBD Dairi 2020 sebesar sekitar Rp 1,2 triliun.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dairi, Rahmatsyah Munthe mengungkapkan, besaran Rp 44,5 miliar itu diperoleh setelah merealokasi dan memfokuskan anggaran.

"Rp 14,5 M dari refocusing dan Rp 30 M dari realokasi," ujar Rahmat kepada Tribun Medan via seluler, Minggu (19/4/2020).

Rahmat menyebut, angka Rp 14,5 milar berasal dari refocusing kegiatan Dinas Kesehatan sebesar Rp 12,9 miliar, kemudian pada RSUD Sidikalang sebesar Rp 1,4 miliar dan pada Dinas Sosial sebesar Rp 99,2 juta.

"Sementara, Rp 30 miliar hasil realokasi anggaran, dialokasikan untuk penambahan anggaran BTT," kata Rahmat.

Rahmat menjelaskan, kebijakan realokasi dan pemfokusan anggaran merupakan arahan Mendagri Tito Karnavian.

Mendagri, kata Rahmat, memerintahkan semua pemda, lewat Instruksi Mendagri 1/2020, untuk me-refocusing dan merealokasi anggaran guna membiayai program/kegiatan penanganan pandemi Covid-19.

"Alokasi anggaran hasil refocusing dan realokasi tersebut belum bisa digunakan, karena masih harus menyusun alas hukumnya, yaitu Perubahan Peraturan Bupati tentang Penjabaran APBD Dairi 2020," tutur Rahmat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved