Update Covid19 Sumut 19 April 2020

Sehari Tiga PDP Covid-19 Meninggal di Sumut, Dua di Medan dan Satu Orang di Simalungun

Sehari Tiga PDP Covid-19 Meninggal di Sumut, Dua di Medan dan Satu Orang di Simalungun

Penulis: Chandra Simarmata | Editor: Juang Naibaho
HO
Pemakaman seorang PDP Covid-19 di Simalungun, Minggu (19/4/2020) sore. 

Laporan Wartawan Tri bun-Medan, Chandra Simarmata

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Virus Corona kembali menelan korban di Sumatera Utara (Sumut).

Informasi yang dihimpun Tri bun-Medan.com, per hari ini, Minggu (19/4/2020), setidaknya tiga orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 meninggal dunia.

Dua orang PDP meninggal saat dirawat di rumah sakit di Kota Medan. Sedangkan satu orang lagi meninggal di rumah sakit Simalungun.

Hal ini diungkapkan oleh Juri Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara Mayor Kes. dr Whiko Irwan, Sp.B saat menggelar konferensi pers di Gedung Pemprov Sumut, Minggu (19/4/2020) sore.

"Kita turut berdukacita ada dua PDP yang meninggal hari ini (Minggu). Satu orang dari rumah sakit Columbia Asia dan satu di RS Murni Teguh. Namun untuk data rincinya tidak bisa kami sebutkan," ucapnya.

Mayor Whiko menjelaskan, terkait semakin bertambahnya korban covid-19 di Sumut, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara akan terus berupaya menangani wabah covid-19 ini semaksimal mungkin.

Namun demikian diakuinya juga korban meninggal yang telah berjatuhan merupakan kondisi yang tidak bisa dihindari.

Karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat luas agar dapat menerima penderita PDP yang telah meninggal dunia agar dapat dilaksanakan protokol sesuai penanganan covid-19.

"Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara akan terus berupaya untuk membuat masyarakat yang sehat tetap sehat dan mengobati yang sakit agar bisa sembuh," jelasnya.

Lebih lanjut kata Whiko, Gugus Tugas kembali mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker.

Penggunaan masker pada masa wabah covid-19 direkomendasikan oleh badan kesehatan dunia (WHO) baik untuk orang yang sehat maupun yang sakit.

"Bagi kita masyarakat umum dapat menggunakan masker kain 3 lapis. Itu sudah cukup melindungi kita dari penularan virus sebesar 70 persen. Jadi bila diiringi dengan mencuci tangan dengan air dan sabun, kemudian kita menjaga jarak antar sesama sejauh 2 meter serta menghindari keramaian dan kerumunan, maka secara penuh akan kita akan terhindar dari penularan covid-19," pungkasnya.

1 Orang PDP Meninggal di Simalungun

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved