Breaking News:

Masa Tanggap Darurat Covid-19 DIperpanjang di Taput

Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tapanuli Utara memutuskan bahwa tanggap darurat Covid-19 diperpanjang hingga 4 Mei 2020.

Penulis: Arjuna Bakkara | Editor: Juang Naibaho
TRIBUN MEDAN/ARJUNA
BUPATI Taput Nikson Nababan menemui warga dan memberikam sembako melalui petugas posko di desa-desa se-Taput, Sabtu (18/04/2020). 

TRI BUN-MEDAN.COM, TAPUT - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tapanuli Utara memutuskan bahwa tanggap darurat Covid-19 diperpanjang hingga 4 Mei 2020.

Keputusan itu ditetapkan dalam rapat yang dihadiri Bupati Taput Nikson Nababan, Ketua DPRD Poltak Pakpahan, Kapolres AKBP Horas Marasi Silaen, Dandim 0210/TU Roni Agus Widodo, dan Kajari Tatang Darmi, Senin (20/4/2020).

Bupati Taput mengatakan bahwa ada beberapa persiapan untuk perpanjangan tanggap darurat covid-19. Antara lain, perpanjangan masa belajar di rumah bagi seluruh pelajar PAUD, SD, SMP hingga SMA, dan juga percepatan penyaluran bantuan kepada warga.

"Semua pihak harus bergerak cepat. Dalam hal penyaluran bantuan, birokrasi harus dipangkas namun tetap sesuai prinsip kewajaran," ujar Nikson, Senin.

“Sudah saya arahkan juga agar tambahan bantuan sebanyak 18.000 KK dari Kementerian Sosial di luar Program Keluarga Harapan (PKH) harus disalurkan cepat dan tepat baik dalam tim pendataan dan verifikasi,” imbuhnya.

Dalam rapat tersebut diputuskan bahwa perlunya dibuatkan parameter yang tepat sebagai acuan pendataan penerima yang layak.

Bupati Nikson juga menyebutkan perlunya segera penambahan alat rapid test (tes cepat) dan juga penambahan ruang isolasi.

Selain itu diharapkan agar pimpinan di Kecamatan juga aktif mendata warga atau tamu yang datang terutama dari zona merah dan kuning untuk dilakukan isolasi mandiri, para pekerja lepas, buruh dan warga yang terdampak covid-19 serta mahasiswa yang orang tuanya kurang mampu dan berada di luar Taput.

“Dana APBD akan digunakan untuk membantu warga yang terdampak pandemi ini dan yang belum menerima bantuan dari sumber lainnya," tambah Nikson yang didampingi Sekdakab, Indra Simaremare.

(Jun-tri bun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved