Harga Gula Rp 12.500 Per Kg di Pasar Murah Disperindag Sumut

bahan pokok terutama gula pasir beberapa hari lalu harganya mencapai Rp 19 ribu per kilogram.

TRIBUN MEDAN/NATALIN
WARGA mengantre membeli gula pasir di Pasar Petisah, Rabu (22/4). Harga gula dibanderol Rp12.500. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Harga gula di pasaran, khususnya di Kota Medan, sampai saat ini masih tergolong tinggi. Karena itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumut saat ini gencar melakukan operasi pasar gula murah guna menstabilkan harganya.

Kepala Disperindag Sumut Zonny Waldi mengatakan, bahan pokok terutama gula pasir beberapa hari lalu harganya mencapai Rp 19 ribu per kilogram.

Harga Pangan Semakin Mencekik, Harga Gula Menggila di Pasaran, Buwas Stok Aman Sampai Lebaran

"Maka Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut meminta saya, 'Pak Zonny tolong bantu rakyat kita dengan menjual gula semurah mungkin sesuai dengan HET.' Maka kita pun kerja sama dengan pihak pabrik dan distributor gula di Medan khususnya PT Medan Gula Nusantara (MGN) dan PT Medan Sugar Indonesia (MSI) melakukan operasi pasar murah," ujar Zonny di Pasar Petisah, Medan, Rabu (22/4/2020).

Diakuinya, operasi pasar murah ini digelar di enam titik di Kota Medan yakni Pasar Petisah, Pasar Sei Sikambing, Pusat Pasar, Pasar Simpang Limun, Pasar Sukaramai, dan Pasar Palapa.

"Harga gula di enam titik itu senilai Rp 12.500 per kg. Untuk keadilan kita menjual gula hanya dua kg per orang dan sudah sampai ke tangan konsumen," ujarnya.

Dalam sehari ini, pihaknya menyediakan enam ton untuk dijual kepada konsumen dan diharapkan dapat melayani konsumen sebanyak lebih kurang 3.000 orang.

"Tidak hanya pada hari ini, tiap hari akan kita lakukan sampai harga gula turun," ungkapnya.

Ia menjelaskan, kebutuhan gula pasir di Sumut mencapai 21 ribu ton per tahun. Diakuinya, dengan hadirnya gula pasir sebanyak 15 ribu ton ini sehingga stok gula akan cukup hingga tiga bulan ke depan. "Gula ini didatangkan dari kota lain di Indonesia misalnya Jakarta dan Surabaya," katanya.

Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Eti Wahyuni
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved