Breaking News:

Hasil Swab Test Wanita Lansia Asal Taput Dinyatakan Negatif

Hasil swab test wanita lanjut usia (lansia) warga Tapanuli Utara berinisial TS, akhirnya diterima Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Taput.

TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA
Bupati Taput Nikson Nababan memberikan peenjelasan soal penanganan Covid-19 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Arjuna Bakkara

TRI BUN-MEDAN.COM, TAPUT - Hasil swab test wanita lanjut usia (lansia) warga Tapanuli Utara berinisial TS, akhirnya diterima Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Taput.

TS yang beralamat di Sipoholon, Taput, sebelumnya menjalani pemeriksaan rapid test di mana hasilnya reaktif (+). Sesuai protokol kesehatan Covid-19 harus dilanjutkan pemeriksaan swab test.

Sekda Kabupaten Taput, Indra Simare-mare, yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Taput, menyampaikan telah menerima surat dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Rabu (22/04/2020. Hasil pemeriksaan TS adalah negatif.

"Sangat bersyukur hasilnya negatif, kita lega. Kita sudah lakukan sesuai protokol kesehatan Covid-19 untuk menghindari penyebaran. Kita sudah melakukan yang terbaik untuk kesehatan masyarakat Taput dan Puji Tuhan hasilnya negatif," ujar Indra.

Meski begitu, Indra mengimbau warga tetap waspada. Setiap ada orang yang mengalami gejala, agat segera dilaporkan.

"Orang keluar masuk Taput juga tetap diperiksa dengan ketat," tambah Indra.

Sebelumnya TS (61) masuk rumah sakit pada 10 April 2020. Ia kemudian menjalani rapid test pada 13 April 2020 dan hasilnya reaktif. TS lalu dirujuk ke RSU Pirngadi 15 April 2020.

Adapun riwayat TS berobat dari IGD RSUD Tarutung dengan keluhan nyeri ulu hati dan ada gambaran bronchitis dd pneumonia hasil thorax foto. Sebelumnya berobat di puskesmas Habincaran pada 8 April 2020.

"Dan selanjutnya kita lakukan tracing dan ditemukan RS (48 tahun), rapid test reaktif pada pemeriksaan 16 dan 21 April. Riwayat RS kontak dengan TS tanggal 8 April 2020 sewaktu memberikan obat di puskesmas Situmeang Habinsaran. Tetapi untuk RS ini, belum keluar hasil swab test," ujar Indra.

(Jun-tri bun-medan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved