Tak Ada Pemadaman Listrik karena Defisit selama Ramadan

PLN UIW Sumut juga menyiagakan 217 unit genset mobile, 47 unit gardu bergerak (UGB) serta 8 UPS yang berkapasitas 640 KVA.

Tribun Medan
General Manager PLN UIW Sumut M Irwansyah Putra di Kantor PLN Wilayah Sumut, Jalan K. L. Yos Sudarso, Medan, Rabu (22/4/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Guna menjaga pasokan listrik selama Ramadan 1441 H / 2020 M di Sumut, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut menyiagakan 2.843 pasukan yang terdiri dari 2.795 personel dinas gangguan serta 48 orang petugas Pekerjaan dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).

Hal ini diungkapkan General Manager PLN UIW Sumut M Irwansyah Putra di Kantor PLN Wilayah Sumut, Jalan KL Yos Sudarso, Medan, Rabu (22/4/2020).

pln.co.id - Cara Dapat Listrik Gratis, Cek Kode Listrik PLN Gratis, Peluang Pelanggan PLN 1.300 VA

Irwansyah mengatakan, PLN UIW Sumut juga menyiagakan 217 unit genset mobile, 47 unit gardu bergerak (UGB) serta 8 UPS yang berkapasitas 640 KVA. Sementara untuk kendaraan pelayanan teknik, PLN UIW Sumut menyiagakan 10 crane, 128 mobil dan 202 unit mobil dinas gangguan.

"Saat ini pasokan daya untuk kelistrikan di Sumatera Utara sudah surplus, tidak ada lagi pemadaman karena defisit daya. Kami pastikan selama Ramadan dan Idul Fitri tidak akan ada padam karena defisit," ujarnya.

Dikatakannya, total daya mampu pasok kelistrikan Sumatera Bagian Utara mencapai 2.801 MW, sementara perkiraan beban puncak tertinggi Sumatera Bagian Utara sebesar 2.326 MW (1.851 MW untuk UIW Sumut saja) sehingga masih reserve margin rata rata sebesar 471 MW. Artinya Sumatera Bagian Utara tidak akan kekurangan daya bahkan ketika sudah mencapai beban puncak.
Selain itu selama Ramadan dan Idul Fitri ini, PLN tidak akan melaksanakan pemeliharaan jaringan.

"Maka dapat dipastikan tidak ada pemadaman yang disebabkan oleh pemeliharaan jaringan," ucap Irwansyah.

Ia mengatakan, sebagai langkah antisipasi terhadap kondisi khusus seperti keadaan darurat maupun cuaca yang buruk, PLN telah memiliki SOP penyelesaian. PDKB disiapkan untuk menyelesaikan gangguan jaringan guna meminimilisir pemadaman.

Selain itu, menjelang masa Ramadan dan Idul Fitri telah dilakukan Gerakan Bersih di 454 penyulang serta Gelar Pasukan Yantek di seluruh unit PLN UIW Sumut.

"Dengan semua upaya pengamanan ini, PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara optimis kehandalan kelistrikan selama Ramadan dan Idul Fitri 1441 H / 2020 M," ungkapnya.

Ia menghimbau masyarakat untuk membantu memelihara utilitas kelistrikan dengan menginformasikan potensi gangguan melalui Call Center PLN 123 atau PLN mobile sehingga proses penanganan dapat dilaksanakan lebih cepat.

Untuk layanan Penyambungan Baru, Perubahan Daya, Penyambungan Sementara dapat dilakukan melalui media Contact Center PLN 123 maupun PLN Mobile, dan untuk pembayaran tagihan rekening dan pembelian token dapat dilakukan melaui e-commerce seperti tokopedia, lazada, bukalapak, traveloka serta aplikasi e-wallet seperti OVO, gopay, dana, link aja dan sebagainya.

Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Eti Wahyuni
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved