Dampak Covid-19 Perlambat Perkembangan Bisnis Properti

Properti mengalami perlambatan bahkan stagnasi. Perlambatan ini mulai tahun lalu, dan tahun ini diperkirakan lebih banyak.

TRIBUN MEDAN/NATALIN
WAKIL Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Sumatera Utara Bidang Infrastruktur dan Properti, Tomi Wistan. 

TRI BUN-MEDAN.COM, MEDAN - Hampir semua industri bisnis dari berbagai sektor tergangu akibat pandemi Corona atau Covid-19.

Begitu pula dengan bisnis properti.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Sumatera Utara Bidang Infrastruktur dan Properti, Tomi Wistan mengatakan adanya Covid-19 kian memperlambat perkembangan bisnis properti.

Kondisi ini disebabkan karena daya beli semua segmen berkurang.

"Properti mengalami perlambatan bahkan stagnasi. Perlambatan ini mulai tahun lalu, dan tahun ini diperkirakan lebih banyak lagi properti yang melambat karena adanya Covid-19 ini," ujar Tomi.

Ia berharap properti setiap tahunnya dapat tumbuh.

Namun, diakuinya teryata, bisnis properti tidak tumbuh sehingga banyak pengembang komersil yang sebagian lari ke pengembangan rumah subsidi.

"Hanya rumah subsidi yang tidak ada kendala, tidak ada masalah. Tahun lalu kuota anggaran pemerintah tidak sesuai dengan yang harus disiapkan porsinya sangat sedikit sehingga kehabisan kuota, teman teman pengembang rumah subsidi menjadi tidak bisa akad sehingga perputaran uang otomatis akan terkendala bahkan stagnan," ungkapnya.

Dijelaskannya, pada tahun 2020 ini kuota sudah kembali ada walaupun masih terbatas ditambah dengan apa yang direncanakan pemerintah pusat oleh kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat).

"Kuota harusnya tidak jadi masalah, masalahnya ini terjadi kembali setelah ada pandemi Covid-19 dan hal ini tentu memperlambat semua segmen bisnis karena gerakan orang terbatas, sehingga ekonomi tidak bisa berputar sebagaimana yang kita harapkan bersama," ungkapnya.

Saat yang Tepat Beli Properti, Lebih Murah Dibanding Harga Pasar

Halaman
12
Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved