Breaking News:

Kota Pematangsiantar Ulang Tahun ke-149, Pemulung TPA Doakan Semakin Maju

Para pemulung berharap Kota Pematangsiantar menjadi semakin maju, layanan kesehatan semakin baik dan lapangan kerja bertambah.

TRIBUN MEDAN/ALIJA
SEJUMLAH ibu-ibu pemulung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah, Kelurahan Tanjung Pinggir, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematangsiantar terlihat memilah sampah untuk dijual kembali, Kamis (24/4/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com, SIANTAR - Kota Pematangsiantar akan berulang tahun ke-149, tepatnya pada Jumat (24/4/2020) besok. Kota kelahiran Mantan Wakil Presiden Indonesia ketiga H. Adam Malik memasuki usia yang tak muda lagi, sebagai salah satu kota di Sumatra Utara.

Siantar yang dikenal dengan sebagai jalur wisata dari dan menuju kawasan wisata Parapat, Danau Toba diharapkan semakin maju, berdaya saing dan diisi oleh pemuda-pemuda yang produktif.

Tribun Medan mendengar harapan dari suara yang disampaikan sejumlah pemulung yang beraktivitas di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah, Jalan Tuan Rondahaim Saragih, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematangsiantar.

Pemulung yang didominasi ibu-ibu atau inang-inang, dalam sebutan lokal, berharap kepedulian pemerintah terhadap mereka, ditingkatkan pada hal kesehatan.

Bukan lagi sekadar saat Pandemi Covid-19, jaminan kesehatan juga bisa diterima mereka setelah wabah berakhir.

"Kami ini bukan keluarga jahat. Kami ini keluarga baik-baik yang bagaimana, setiap siang harinya bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan keluarga. Bagaimana setelah Covid-19, kesehatan kami juga diperhatikan," ujar Rantiomas (50), Kamis (23/4/2020).

Ibu lima anak ini mengatakan belum memiliki BPJS Kesehatan.

Ia pun bingung bagaimana cara mendapatkan BPJS Kesehatan jenis Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang digaungkan Presiden Joko Widodo.

Ia berharap Siantar bisa maju dan orang sepertinya bisa terangkat ekonominya.

Sama halnya dengan Rantiomas, Petirama Sitinjak (55) juga menginginkan kesehatan tak sebatas karena Covid-19.

Halaman
12
Penulis: Alija Magribi
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved