PSMS Medan

Pelatih PSMS Philep Hansen Sarankan Tempat Netral jika PSSI Jadi Gelar Turnamen

Turnamen bisa menjadi pengobat rindu sekaligus mengisi kekosongan sampai akhir tahun menunggu kompetisi bergulir lagi

dok/TRI BUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Pelatih PSMS Medan Philep Hansen memimpin latihan di Stadion Kebun Bunga, Medan, 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Pelatih PSMS Medan, Philep Hansen setuju dengan wacana PSSI menggelar turnamen jika kompetisi dihentikan total.

Adanya turnamen tersebut, bisa menjadi pengobat rindu sekaligus mengisi kekosongan sampai akhir tahun menunggu kompetisi bergulir lagi.

Jika nantinya turnamen digelar, Pelatih asal Riau ini menyarankan agar digelar di satu tempat saja. Tempat yang netral tanpa adanya tuan rumah.

"Kalau memang PSSI mau nutup kompetisi dan akhirnya buat turnamen, saya sarankan buat turnamen di satu tempat saja. Karena satu tempat lebih bagus. Jika sudah ada tempat yang pas dan netral, ya sudah jalankan saja," katanya saat dihubungi, Kamis (23/4/2020).

Sebab, kalau digelar turnamen pada tempat netral, tidak ada kecurangan.

Kalaupun ada kecurangan, dari situ bisa mengukur kualitas sepak bola Indonesia baik atau buruknya.

"Main di satu tempat lebih terjaga kualitas turnamennya. Karena di situ bisa dilihat semua orang. Dari situ nanti bisa ketahuan ada curang enggak wasitnya, terus tidak ada berpihak pada tuan rumah dan sebagainya. Jadi lebih terjamin kualitas sepak bola kita," tambahnya.

Philep sejatinya menilai sifat turnamen kurang menarik. Sebab tak adanya sistem promosi dan degradasi.

"Kurang menariknya dari turnamen ini memang tidak ada promosi dan degradasinya. Hanya bersifat isi kekosongan saja. Setidaknya untuk persiapan saja untuk kompetisi 2021 nanti," bebernya.

Sudah sebulan juga kompetisi Liga Indonesia baik Liga 1 maupun Liga 2 dihentikan sementara waktu akibat pandemi Covid-19.

Hingga saat ini, PSSI belum memberikan sinyal jadwal akan digulirkan kembali.

Batas waktu dihentikannya kompetisi sampai 29 Mei mendatang. Jika 29 Mei nanti kondisi di Indonesia belum memungkinkan gelar kompetisi, PSSI memutuskan menghentikan total kompetisi musim ini.

Namun, ada wacana PSSI membuat Turnamen untuk mengisi kekosongan. Rencananya digelar pada Bulan September, itupun jika situasi sudah memungkinkan.

(lam/tri bun-medan.com)

Penulis: Ilham Fazrir Harahap
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved