Penjelasan Pakar Terkait Video Laptop Dibajak Setelah Pakai Zoom

Tak hanya itu, ia juga mengaku peretas bisa mengakses aplikasi di ponselnya dari jarak jauh, termasuk mobile banking.

dok
Work from home untungkan Zoom 

Penjelasan Pakar Terkait Video Laptop Dibajak Setelah Pakai Zoom

TRIBUN-MEDAN.com - Sebuah video direkam oleh seorang wanita yang mengaku laptop/komputernya diretas, lewat akun e-mail Gmail yang dipakai untuk mendafatr layanan video conference Zoom.

Perekam mengaku peretas (hacker) bisa membajak komputer laptopnya, dengan menggerakkan kursor mouse.

Tak hanya itu, ia juga mengaku peretas bisa mengakses aplikasi di ponselnya dari jarak jauh, termasuk mobile banking.

Praktisi keamanan siber, Alfons Tanujaya dari Vaksin.com memastikan bahwa video tersebut diragukan kebenarannya, dan menduga kemungkinan korban hanya mengalami ulah usil (prank) saja.

"( Video itu) tidak benar. Saya duga ini korban prank atau salah diagnosa," ujar Alfons ketika dihubungi KompasTekno lewat pesan instan, Kamis (23/4/2020).

PATROLI MALAM HARI, Sabhara Polrestabes Medan Tangkap Pelaku Curas dan Curanmor

Dana Kartu Prakerja Sudah Ditransfer, Setiap Orang Dapat Dana Insentif Rp 3,55 Juta

Alfons sendiri membenarkan bahwa Zoom memang memiliki fitur kendali jarak jauh (remote control) yang terdapat dalam fitur "Screen Sharing". Meski demikian, kegunaan fitur tersebut masih sangat terbatas. 

"Zoom memiliki fasilitas remote control, tapi sangat terbatas. Untuk mengaktifkannya harus ada persetujuan user, dan fitur itu hanya bisa aktif saat screen sharing," jelas Alfons.

Fitur remote control di Zoom hanya bisa dipakai untuk mengendalikan aplikasi, atau layar pengguna yang sedang dibagikan saja, tidak bisa untuk membuka atau mengakses aplikasi lain di luar apa yang sedang ditampilkan di screen sharing.

Soal kursor mouse yang bisa bergerak sendiri yang disebut dalam video, menurut Alfons itu adalah software pengendali komputer jarak jauh secara penuh, semacam TeamViewer atau AnyDesk, bukan fitur Screen Share di Zoom.

Halaman
12
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved