Proyek Sport Centre Sumut Tetap Berjalan, Pertama Bangun Rumah Sakit

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menegaskan, pembangunan proyek Sport Center untuk persiapan Pekan Olahraga Nasional pada 2024 tetap berjalan.

Youtube/Stadium Infrastructure
Sport Centre Sumatera Utara 

TRIBUN-MEDAN.com – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menegaskan, pembangunan proyek Sport Centre untuk persiapan Pekan Olahraga Nasional pada 2024 tetap berjalan.

Karena saat ini fokus pemerintah untuk penanganan wabah Covid-19, maka fasilitas pertama yang akan dibangun adalah rumah sakit.

Rencananya, Sport Centre yang dekat dengan Bandara Kualanamu ini bakal dibangun di atas lahan eks HGU milik PTPN II seluas 300 hektar. Pusat olahraga yang didesain dengan standar internasional ini akan berlokasi di Desa Saentis, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang.

"Berjalan, berjalan," ujar Gubernur Edy menjawab wartawan usai pembukaan Musrenbang RKPD Sumut, di Pendopo Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Kamis (23/4/2020).

Edy mengatakan, awalnya fasilitas yang pertama dibangun adalah stadion.

"Dengan kondisi saat ini, prioritasnya beralih ke kesehatan, pemulihan ekonomi," kata Edy.

"Kebetulan juga, ini suatu kebetulan semua, di dalam Sport Centre itu memang akan dibangun rumah sakit berkelas internasional," ujarnya.

Bentuk fisik dari desain pusat olahraga ini mengadopsi pohon kelapa sawit. Bukan hanya karena Sumut terkenal dengan kelapa sawitnya, tetapi juga karena pola pembagian zona akan lebih jelas, dinamis dan tepat.

Bukan hanya mengadopsi kelapa sawit, Sport Centre juga akan menerapkan unsur-unsur budaya di Sumut pada venue-venue olahraga. Bangunan-bangunannya akan memiliki ornamen-ornamen kedaerahan seperti dari Suku Melayu ada Pucuk Rebung, Suku Karo dengan Pengretret, Simalungn dengan Gorga, dan suku lainnya.

Proyek raksasa senilai Rp7,8 triliun ini dibiayai oleh APBD, APBN, maupun Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Belakangan, akibat wabah akhirnya keluar Instruksi Presiden (Inpres) No. 4 Tahun 2020 tentang Refocusing Kegiatan, Realokasi Anggaran serta Pengadaan Barang dan Jasa Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Perpres 54 Tahun 2020 Tentang Perubahan Postur dan Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2020. (wen)

Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved