Periode April, Konsumsi BBM Turun 30 Persen

Harga BBM ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain harga minyak dunia, nilai tukar rupiah terhadap dollar, inflasi dan lain lain.

TRIBUN MEDAN/NATALIN
PENGENDARA mobil dan sepeda motor mengisi BBM di SPBU Pertamina Kota Medan. Konsumsi BBM turun 30 persen dibanding konsumsi normal. 

TRI BUN-MEDAN.COM, MEDAN - Beberapa pihak meminta agar anjloknya harga minyak dunia disikapi dengan menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM).

Terkait hal ini, Unit Manager Comm, Rel & CSR MOR I, Roby Hervindo mengatakan Pertamina sudah melakukan penurunan harga BBM non subsidi pada Februari lalu dan harga BBM Pertamina yang berlaku saat ini masih kompetitif.

Bila dibandingkan dengan tujuh negara ASEAN (minus Myanmar dan Brunei karena datanya tak tersedia), harga Pertamax masih lebih murah dibandingkan dengan harga BBM di lima negara ASEAN dan hanya lebih mahal dari dua negara ASEAN lain yakni Malaysia dan Vietnam.

"Dibandingkan Singapura, Laos, Thailand, Filipina, Kamboja maka harga BBM di Indonesia masih lebih murah," ujar Roby, Sabtu (25/4/2020).

Ia menjelaskan perhitungan harga jual BBM non subsidi dan non penugasan ditetapkan Pertamina secara periodik bulanan dengan mempertimbangkan salah satunya adalah perkembangan harga minyak dan harga BBM di pasaran.

Pertamina akan mengacu pada kebijakan dan ketentuan Kementerian ESDM dalam hal penyesuaian harga BBM Non Subsidi.

Sedangkan harga BBM subsidi atau penugasan adalah kewenangan Pemerintah untuk penetapan harga jualnya.

Ketika Tri bun Medan menanyakan apakah ada rencana harga BBM akan turun, kata Roby, pada prinsipnya Pertamina patuh pada kebijakan pemerintah.

Untuk BBM non subsidi, meskipun ditetapkan oleh Pertamina namun tetap mengacu pada ketentuan Kementerian ESDM.

Sedangkan  BBM subsidi (Biosolar) dan penugasan (Premium), kebijakan harga ditetapkan pemerintah.

Halaman
12
Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved