Kemendag Ungkap Ada Ratusan Pedagang Daring yang Jual Alat Kesehatan Berkualitas Rendah

Ada ratusan pedagang daring yang menjual alkes berkualitas rendah, paling banyak masker dan hand sanitizer

TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Kepala Kantor Komisi Pengawas dan Persaingan Usaha (KPPU) Wilayah I Ramli Simanjuntak berbincang dengan warga saat melakukan sidak monitoring harga dan ketersediaan masker di salah satu toko alat kesehatan di Medan, Kamis (5/3/2020). Sidak KPPU tersebut dilakukan untuk menyikapi lonjakan harga dan kelangkaan ataupun penimbunan pasokan masker terkait virus Corona (COVID-19). 

JAKARTA,TRIBUN-Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengungkap ada ratusan pedagang daring yang menjual alat kesehatan (alkes) berkualitas rendah seperti masker dan hand sanitizer.

Tidak hanya itu, Kemendag juga menemukan ratusan pedagang yang menjual bahan pangan di atas harga eceran.

Karena dianggap mengambil kesempatan di tengah merebaknya wabah Corona/Covid-19, Kemendag pun menutup ratusan akun pedagang daring tersebut.

Pembeli Berkurang Akibat Corona, Pedagang Bakmi Terapkan Sistem Telepon dan Antar

"Secara total, terdapat 312 akun pedagang daring di semua lokapasar yang diberikan sanksi dengan menutup (takedown) akunnya dan menghilangkan tautan (link) dari toko daring (merchant).

Perusahaan atau mereka yang memanfaatkan situasi pandemi COVID-19 ini dengan menjual produk alat kesehatan berkualitas rendah,

dan menjual harga kebutuhan pokok secara tidak wajar di atas harga eceran tertinggi (HET) seperti diatur dalam Permendag No. 7 Tahun 2020,

tentu dikenakan sanksi berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen No. 8 Tahun 1999 dan bahkan UndangUndang Perdagangan No. 7 Tahun 2014," kata Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Veri Anggrijono dalam siaran persnya seperti dilansir Kontan.co.id, Jumat (24/4/2020).

Imbas Corona, Omzet Pedagang Pakaian di Pasar Petisah Anjlok 70 Persen

Bila dirincikan, pedagang daring yang menjual alkes berkualitas rendah itu berjumlah 169 pedagang.

Sementara jumlah pedagang yang menjual bahan pangan di atas harga eceran tertinggi itu ada 143.

Veri mengungkapkan, produk alat kesehatan yang terindikasi menjual dengan harga tinggi dan berkualitas rendah, yaitu hand sanitizer (95 pedagang daring di 9 lokapasar),

Halaman
1234
Editor: Array A Argus
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved