Ramadhan 2020

Tak Ada lagi Kari Kambing Menu Buka Puasa Bersama di Masjid Raya Aceh Sepakat Medan

Tak ada berbuka puasa bersama di Masjid Raya Aceh Sepakat, yang terletak di Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan.

Penulis: Aqmarul Akhyar | Editor: Juang Naibaho
Tribun-Medan.com/Aqmarul Akhyar
Masjid Raya Aceh Sepakat, yang terletak di Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan. 

Laporan Reporter Tri bun-Medan/Aqmarul Akhyar

TRI BUN-MEDAN.com – Di tengah maraknya wabah covid-19, masyarakat Medan harus merelakan 'tradisi' berbuka puasa bersama di Masjid Raya Aceh Sepakat, yang terletak di Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan.

Setiap bulan Ramadan, Masjid Raya Aceh Sepakat menyediakan menu hingga 1.500 porsi Kari Kambing dan Bubur Kanji Rumbi Khas Aceh.

Menu itu disantap bersama di lokasi sekitar masjid saat berbuka puasa. 

Namun apalah daya, maraknya wabah covid-19 di Kota Medan, membuat tak ada lagi menu Kari Kambing sebagai menu utama buka puasa bersama di Masjid Raya Aceh Sepakat Kota Medan.

Sekretaris Umum Yayasan Aceh Sepakat, HT Bustami Usman, menjelaskan sesuai imbauan pemerintah dan MUI, semua kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan orang banyak ditiadakan.

“Jadi pada acara berbuka puasa di Masjid Raya Aceh Sepakat Kota Medan setiap bulan Ramadan, itu tidak kurang dari 100 sampai 1500 orang berbuka puas di sini. Dengan jumlah yang begitu besar, ini tentu sangat rawan dalam penyebaran covid-19.

Maka, kami pihak Yayasan Aceh Sepakat maupun dari DPP Aceh Sepakat Sumut, untuk tahun ini karena situasi sedemikian, kami meniadakan acara berbuka bersama di Masjid Raya Aceh Sepakat Medan,” tuturnya.

Namun, sebagai gantinya pihak Yayasan Aceh Sepakat, akan menyiapkan hidangan menu berbuka puasa Bubur Kanji Rumbi Khas Aceh.

Menu bubur ini akan dibagikan kepada jamaah Aceh Sepakat dan masyarakat Kota Medan, setiap sore atau ba’da Ashar pukul 16.00 WIB. Kemudian, adapun menu bubur yang dibagi untuk dibawa pulang.

“Jadi bubur kanji rumbi ini, tidak kami siapkan untuk berbuka di Masjid Raya Aceh Sepakat. Melainkan, dibagikan untuk dibawa pulang,” ujarnya.

Bubur Kanji Rumbi khas Aceh ini, dibagikan oleh pihak Yayasan Aceh Sepakat Sumut dimulai dari hari puasa kedua di bulan Ramadan 1441 H.

Jadi, adapun tim pelaksannya dan penanggungjawabnya pelaksanaan bubur kanji rumbi, ditangani oleh sekretaris Cabang II Aceh Sepakat Kota Medan Baru, M Yusuf Abdullah.

Yusuf menjelaskan setiap harinya untuk memasak bubur Kanji Rumbi khas Aceh, membutuhkan bahan beras sekitar 15 Kg sampai 20 Kg, lalu ayam dan udang serta rempah-rempah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved