Breaking News:

Dairi Alokasikan Rp 53 M Atasi Imbas Covid-19, BLT Rp 600 Ribu/KK Diberikan Akhir Minggu Ini

Untuk mengantisipasi dampak pandemi ini terhadap perekonomian dan daya beli masyarakat, Pemkab Dairi menyisihkan Rp 53,8 miliar

TRIBUN MEDAN / DOHU LASE
Bupati Dairi, Eddy Berutu menerangkan soal hasil realokasi dan refocusing APBD Dairi 2020 untuk penanganan dampak ekonomi bencana non-alam Covid-19, saat ditemui Tribun Medan di ruang kerjanya, Senin (27/4/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dohu Lase

TRI BUN-MEDAN.COM, DAIRI - Pemkab Dairi telah memperpanjang fase tanggap darurat bencana non-alam Covid-19 hingga tanggal 29 Mei 2020 mendatang.

Untuk mengantisipasi dampak pandemi ini terhadap perekonomian dan daya beli masyarakat, Pemkab Dairi menyisihkan Rp 53,8 miliar lebih dari APBD tahun 2020, yang sekitar Rp 1,2 triliun.

"Fokus kita pertama adalah kesehatan. Kita pastikan, kita mampu melakukan pencegahan dengan efektif. Kedua, kita bantu masyarakat yang terganggu pendapatan dan penghasilannya. Ketiga, adalah jaring pengaman sosial, untuk membantu saudara-saudara kita yang miskin," urai Bupati Dairi, Eddy Berutu saat ditemui Tribun Medan, Senin (27/4/2020) petang.

Eddy mengatakan, sebagian alokasi Rp 53,8 miliar tersebut akan bergabung pada program Bantuan Langsung Tunai (BLT), yang bakal disalurkan dalam waktu dekat.

Pemberian BLT dimaksud, lanjut Eddy, berlangsung mulai bulan ini hingga dua bulan selanjutnya. Sesuai arahan pemerintah pusat, besarannya Rp 600 ribu per keluarga.

"Antara akhir minggu ini atau awal minggu depan," kata Eddy.

Ia mengaku, pihaknya sejak beberapa hari terakhir sibuk melakukan verifikasi faktual terhadap calon penerima BLT, agar nantinya tak kisruh saat penyaluran.

"Kita harus lebih hati-hati. Jangan sampai ada satu orang warga mendapat tiga kali, sementara ada warga lain yang enggak dapat sama sekali. Ini yang betul-betul kita sisir, sehingga betul-betul klop nantinya. Semua masyarakat dapat dengan adil. Data warga miskin yang kita miliki masih tahun 2015," ungkap Eddy.

SEGERA CAIR Bantuan Tunai Rp 600 Ribu/Bulan di Sumut, Total Penerima 150 Ribu KK, Ini Kata Sekda

Viral di Medsos Penculikan Anak di Taput, Dennis Silaban Diamankan Polisi

INILAH Sistem Cluster Isolation di Medan, Target Mulai 1 Mei, Warga yang Diisolasi Diberi Bantuan

Sebelumnya, Sekdakab Dairi, Leonardus Sihotang mengatakan, data penerima bansos di Kabupaten Dairi, sesuai data yang telah diusulkan, sebanyak 12.781 kepala keluarga (KK).

Halaman
1234
Penulis: Dohu Lase
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved