Jalur Masuk ke Kota Medan di Tutup, Waspada Kenaikan Harga Pangan

Pembatasan yang dilakukan sangat potensial memicu terjadinya kenaikan harga, terlebih jika ada pembatasan keluar masuk transportasi barang.

TRIBUN MEDAN/NATALIN
AKTIVITAS pedagang di Pasar Raya, MMTC, Medan. 

TRI BUN-MEDAN.COM, MEDAN - Harga bawang merah yang ada di pasar tradisional saat ini mengalami kenaikan hingga mencapai Rp 55 ribu per kg.

Kenaikan harga bawang merah tersebut dipicu oleh minimnya pasokan dari Pulau Jawa.

Pengamat Ekonomi Sumatera Utara, Gunawan Benjamin mengatakan, minimnya stok bawang karena pemberlakukan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) di wilayah Jawa yang membuat jalur distribusi bawang merah mengalami gangguan.

"Kekuatiran kita selanjutnya adalah jika nantinya pemberlakukan PSBB meluas dan membuat jalur ditribusi kembali mengalami hambatan. Mengingat untuk wilayah Medan dan sekitarnya saja sudah dimulai pembatasan jalur masuk ke Kota Medan, mulai dari jalur Tanjug Morawa masuk ke Medan, Berastagi ke Medan dan Binjai ke Medan," ucap Gunawan.

Dikatakannya, tiga ruas jalan tersebut jelas menjadi pintu keluar masuk barang barang kebutuhan pokok masyarakat Medan.

Pembatasan yang dilakukan sangat potensial memicu terjadinya kenaikan harga, terlebih jika ada pembatasan keluar masuk transportasi barang.

Pemprov Sumut Minta Kabupaten dan Kota Bentuk Tim Gugus Tugas Tingkat Desa

Selain itu, PSBB juga akan memicu masyarakat untuk lebih banyak keluar dari wilayah Medan, yang nantinya akan membuat kebutuhan akan pangan di Medan dan sekitarnya menurun.

"Nah lantas bagaimana dengan pembentukan harga nantinya. Saya membuat setidaknya tiga skenario yang mungkin saja terjadi seiring dengan pembatasan tersebut. Pertama, seandainya kita berasumsi bahwa arus keluar masuk barang tetap lancar. Maka potensi penurunan harga barang akan kembali terjadi nantinya. Terlebih masyarakat Medan yang jumlahnya akan semakin sedikit karena banyak yang pulang kampung," ucapnya.

Kedua, kata Gunawan, skenario di mana pedagang besar lebih memilih untuk tidak berjualan.

Dalam konteks ini misalkan sejumlah distributor menutup sementara lapaknya karena penjualan menurun.

Halaman
12
Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved