Breaking News:

Ramadhan 2020

Jeritan Pilu Pedagang Lemang Gara-gara Covid-19, Tak Lagi Jadi Menu Berbuka Favorit Saat Ramadan

Pada momen Ramadan, penganan ini sangat disukai sebagai menu berbuka puasa.

Tribun-Medan.com/Aqmarul Akhyar
Deretan pedagang lemang di Jalan Gatot Subroto, Kota Medan, Selasa (28/4/2020). 

Laporan Reporter Tribun Medan/Aqmarul Akhyar

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Lemang merupakan penganan dari beras ketan yang dimasak dalan seruas bambu, sebelum digulung dengan selembar daun pisang.

Satu di antara pedagang Lemang di Jalan Gatot Subroto, Simpang Bundaran, Kota Medan, Ibu Mis mengatakan lemang merupakan penganan tradisional khas Minangkabau, Selasa (28/4/2020).

Pada momen Ramadan, penganan ini sangat disukai sebagai menu berbuka puasa.

Jadi wajar saja, jika bulan Ramadan tiba pedagang lemang memadati berbagai sudut Kota Medan. Termasuk di jantung Kota Medan di bilangan Jalan Gatot Subroto, di mana pedagang lemang berderet dengan jarak yang tak begitu jauh.

Namun, itu cerita lama. Saat ini karena adanya Covid-19, Lemang tak diburu lagi sebagai menu buka puasa di Bulan Ramadan.

"Kalau sekarang ini semenjak Corona ini, aduh susah kali lakunya. Kalau dulu lemang ini memang menjadi pengharapan kami saat Ramadan tiba. Tapi, semenjak corona ini, aduh... Nggak tau lah bilangnya," ujar Ibu Mis sambil menggelengkan kepala.

Semenjak Covid-19 di bulan Ramadan, paling banyak orang membeli lemang dari mulai buka sampai tutup sekitar lima batang.

Biasanya pada bulan suci Ramadan paling sedikit penjualan Lemang sekitar sepuluh batang per hari. Dan, biasanya pula di bulan Ramadan per harinya terjual 25 batang Lemang.

"Karena sekarang susah sekali jual lemang semenjak covid-19 ini. Kalau kawasan ini setiap pukul 13.00 WIB sudah buka dan tutupnya pada pukul 24.00 WIB paling lama," tuturnya sambil membelah lemang.

Halaman
123
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved