Breaking News:

Ramadhan 2020

Dampak Corona, Tradisi Makan Kari Kambing Bersama di Masjid India Taj'ul Madras Medan Ditiadakan

Masjid India di Medan ini juga harus meniadakan tradisi yang selalu dilakukan dari tahun ke tahun yakni memakan kari kambing bersama.

TRIBUN MEDAN/HO
DOKUMENTASI kegiatan makan kari kambing bersama di Masjid Taj'ul Madras pada ramadan tahun lalu. Tahun ini tradisi tiap ramadan ini terpaksa ditiadakan. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Tak seperti biasa saat Ramadan tiba, sore itu pelataran Masjid Taj'ul Madras yang terletak di Jalan Teuku Cik Di Tiro Medan ini tampak sepi.

Tak ada satu sepeda motor pun yang bertengger di areal parkir masjid minimalis dengan kubah dan aksen India yang kental ini.

Hanya terlihat beberapa orang lelaki yang sedang membungkusi takjil ke dalam kantong plastik.

Sama seperti masjid-masjid lainnya di masa pandemi, ternyata salah satu Masjid India di Medan ini juga harus meniadakan tradisi yang selalu dilakukan dari tahun ke tahun yakni memakan kari kambing bersama.

Sebagai bentuk tradisi yang dipertahankan dari tahun ke tahun, memakan kari kambing bersama sudah menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh jamaah Masjid Taj'ul Madras.

Setiap hari Jumat di bulan Ramadan, ratusan jamaah memadati areal masjid untuk menyantap kari kambing bersama. Namun, karena pandemi corona, tak ada kari kambing untuk dimakan bersama di Ramadan tahun ini.

"Makan kari kambing bersama setiap Jumat di bulan Ramadan yang selalu kita lakukan, enggak pernah absen setiap tahunnya. Ratusan jamaah kumpul di sini, kita makan bersama-sama. Namun enggak bisa kita lakukan tahun ini karena takut akan ada perkumpulan massa kan, jadi terpaksa kita tiadakan," ujar Muchlis Wahab, ketua Badan Kenaziran Masjid (BKM) Taj'ul Madras kepada Tri bun Medan, Rabu (29/4/2020).

Muchlis mengatakan memakan kari kambing sudah ada sejak Masjid Taj'ul Madras diresmikan menjadi masjid pada 2015 lalu, yang sebelumnya merupakan sebuah mushola.

Kari kambing dipilih sebagai menu untuk disantap bersama adalah karena masjid Taj'ul Madras merupakan masjid India yang banyak dari para jamaahnya yang merupakan keturunan India.

"Karena masjid ini termasuk salah satu masjid India yang ada di Medan, makanya kari kambing itu yang kita pilih karena sebagai makanan khas India yang dimasak langsung oleh jamaah Masjid Taj'ul Madras," ungkapnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved