Posko Pengaduan Pekerja Media Sumut Terkena PHK dan Tak Diupah Dibuka

Pekerja media berperan penting selama krisis Covid-19 karena menjadi mata dan telinga publik untuk mendapatkan informasi tentang seluk beluk wabah.

Int
Ilustrasi pers. 

TRIBUN-MEDAN.com - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Medan bersama Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan membuka posko pengaduan bagi para pekerja media.

Posko ini merupakan bagian dari posko pengaduan buruh Sumatera Utara yang juga melibatkan Sentra Advokasi untuk Hak Dasar Rakyat (SAHdaR) dan Federasi Perjuangan Buruh Indonesia (FPBI).

Koordinator Bidang Ketenagakerjaan AJI Medan Jefri Susetio mengatakan, pekerja media berperan penting selama krisis Covid-19 karena menjadi mata dan telinga publik untuk mendapatkan informasi tentang seluk beluk wabah.

Pekerja media bekerja seperti biasa di tengah kebijakan physical distancing dan imbauan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah.

Pekerja media tetap terus bekerja menyampaikan informasi-informasi terbaru kepada publik, baik dari pernyataan resmi pemerintah, riset, dan reportase di lapangan.

"Sayangnya, pekerja media belum dapat bekerja dengan tenang pada masa krisis ini. Wabah Covid-19 di Indonesia berdampak pada perekonomian, termasuk industri media massa. Ancaman pemutusan hubungan kerja, termasuk penundaan pembayaran gaji, mulai dilakukan sejumlah perusahaan media," katanya, Rabu (29/4/2020).

Pengacara Publik LBH Medan Maswan Tambak  menuturkan, posko ini menyediakan konsultasi hukum ketenagakerjaan secara gratis bagi pekerja yang mendapat pemutusan kerja sepihak oleh perusahaan media, penundaan, atau tidak mendapatkan hak atas upah.

Menurutnya, Posko pengaduan mengimbau kepada perusahaan media untuk tetap memberikan hak pekerja seperti upah dan Tunjangan Hari Raya (THR) selama wabah Covid-19.

"Perusahaan harus mencari solusi terbaik untuk menghindari penundaan gaji atau bahkan pemutusan hubungan kerja terhadap jurnalis dan pekerja media. Posko juga meminta pemerintah untuk aktif dan bijak dalam mengambil tindakan terkait persoalan ketenagakerjaan selama masa pandemi," ujarnya.

Bagi pekerja media yang ingin berkonsultasi dapat menghubungi nomor telepon 0812 6562 3841 atau 0895 1781 5588/0823 6424 8298. (*)

Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved