Terapkan Larangan Mudik, Kapolda Irjen Martuani Pantau Pos Check Point Perbatasan Sumut-Aceh

Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin bersama para pejabat utama (PJU) Polda Sumut turun langsung memantau Pos Check Poin di perbatasan Provinsi Sumater

TRIBUN MEDAN / ist
Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin melaksanakan pantauan pos check point di perbatasan Provinsi Sumatera Utara-Aceh, di Besitang Kabupaten Langkat, Rabu (29/4/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin bersama para pejabat utama (PJU) Polda Sumut turun langsung memantau Pos Check Poin di perbatasan Provinsi Sumatera Utara-Aceh.

Kegiatan tersebut dalam rangka pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2020 serta mendukung kebijakan pemerintah terkait pelarangan mudik Idul Fitri 1441 H.

Larangan mudik ini sendiri sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19).

Irjen Martuani Sormin bersama PJU Polda Sumut, Kapolres Langkat dan unsur Forkopimda Kabupaten Langkat memantau kesiapan pos check point perbatasan Sumut-Aceh di Padang Halaban, Besitang, Rabu (29/4/2020).

Hal ini dilakukan untuk mengecek kesiapan anggota dalam melaksanakan pengamanan yang dilakukan oleh aparat gabungan dari Polri, TNI maupun petugas kesehatan.

Irjen Martuani Sormin mengatakan, kedatangan ini untuk melakukan pengecekan kesiapan anggota dalam melakukan razia, baik kendaraan maupun masyarakat yang masuk maupun keluar dari wilayah Sumut.

Ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan RI No 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

"Selain perbatasan Sumut-Aceh, saya telah memerintahkan Kasatwil untuk mengecek perbatasan Sumut-Sumbar," ujarnya.

Sambungnya, personel dalam melakukan razia harus menggunakan APD lengkap dengan sarung tangan, sepatu dan kacamata pelindung agar tidak terpapar virus corona apabila saat melakukan razia ada masyarakat yang terindikasi gejala virus tersebut.

"Saya minta agar seluruh personel yang berjaga melakukan pemeriksaan secara persuasif dan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti mengecek suhu tubuh. Selain itu personil tetap menggunakan APD lengkap untuk menghindari penularan virus corona", ungkap Kapolda Sumut.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fadli Taradifa
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved