Anak Muda Kreatif Lirik Bisnis Digital, 25 Startup Inovatif Lahir dari Kota Medan

“Saya mendirikan startup ini berangkat dari pengalaman saya yang kesulitan mendapatkan informasi seputar dunia perkuliahan"

TRIBUN MEDAN/Rizky Cahyadi
ALUMNI Fakultas Ilmu Komputer USU, Michael Loi (kiri) bersama rekannya menunjukkan aplikasi HOBI-KU yang mereka ciptakan. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kejadiannya sudah berlangsung lama, sekitar bulan September tahun 2013. Saat itu Ronaldi Tumanggor baru saja memulai perkuliahan di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sumatera Utara (USU).

Sebagai mahasiswa baru dan berasal dari desa, Ronaldi mengaku kesulitan untuk mendapatkan informasi seputar perkuliahan secara online.

Saat itu, Ronaldi tak menemukan satu situs yang fokus menginformasikan tentang informasi perkuliahan.

Sembari menjalani perkuliahan, Ronaldi berpikir bahwa sebenarnya bukan hanya dirinya saja yang merasakan kesulitan tersebut.

Ada ribuan dan bahkan puluhan ribu mahasiswa di seluruh Indonesia yang pasti membutuhkan informasi perkuliahan secara cepat dan akurat. Di kampusnya saja, USU, setiap tahun menerima sekitar 4.000-an mahasiswa baru.

Ronaldi merasa, kesulitan ini adalah peluang baginya untuk menjalankan bisnis startup. Perkembangan teknologi informasi ditambah latarbelakang pendidikannya di jurusan Teknologi Informasi menjadi pendukung baginya untuk membuat sebuah startup.

Dua tahun berselang atau tepatnya tanggal 15 Agustus 2015, Ronaldi yang saat itu duduk di semester V mendirikan startup: ruangmahasiswa.com.

“Saya mendirikan startup ini berangkat dari pengalaman saya yang kesulitan mendapatkan informasi seputar dunia perkuliahan. Saya berpikir, banyak adik – adik yang juga mengalami kesulitan yang sama dengan saya,” katanya kepada Tribun.

Ronaldi mengatakan, ruangmahasiswa.com merupakan platform media informasi yang berisi informasi perkuliahan, tips, motivasi, dan beasiswa yang bermanfaat dan positif bagi mahasiswa dan calon mahasiswa yang dapat diakses secara digital dan gratis.

FOUNDER ruangmahasiswa.com (tengah) bersama timnya dalam sebuah kegiatan offline beberapa waktu lalu. ruangmahasiswa.com merupakan platform media informasi perkuliahan.
FOUNDER ruangmahasiswa.com (tengah) bersama timnya dalam sebuah kegiatan offline beberapa waktu lalu. ruangmahasiswa.com merupakan platform media informasi perkuliahan. (HO/tribun medan)

Tetapi seiring berjalannya waktu, ruangmahasiswa.com juga menjadi situs yang menyediakan informasi event dan kompetisi mahasiswa di seluruh Indonesia.

Halaman
1234
Penulis: Truly Okto Hasudungan Purba
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved