Breaking News:

Ramadhan 2020

Tepur Banda Makcik Cam: Cemilan Khas Melayu Deli, Jadi Incaran Warga Untuk Berbuka Puasa

Kue Tepur Banda Makcik Cam ini bisa Anda temukan di Jalan Platina II No.50B, Titi Papan, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan.

TRIBUN MEDAN/RECHTIN
KUE Tepur Banda Makcik Cam di Jalan Platina II No.50B Titi Papan Medan. Kue ini ramai dikunjungi pembeli sebagai menu berbuka puasa. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Kue olahan tepung dan santan yang merupakan cemilan khas melayu ini menjadi incaran warga terlebih saat bulan ramadan tiba. Rasanya yang manis dan tekstur yang lembut membuatnya cocok disantap sebagai menu berbuka puasa.

Syamsinar atau Makcik Cam merupakan seorang pembuat kue tradisional ini.

Tak sedikit orang yang mengenalnya karena Tepur Banda buatannya yang memiliki rasa khas karena mendapatkan resep langsung dari sang nenek yang merupakan orang Melayu Deli asli.

Sudah 25 tahun lebih Syamsinar mulai membuat Tepur Banda. Mulai dari memasarkannya hanya kepada warung-warung terdekat, hingga memiliki usaha rumahan sendiri seperti sekarang.

"Dulu waktu masih kecil nenek kami itu seringkali membuat Tepur Banda, tiap ada acara, kadang sore-sore kalau sedang ada waktu luang juga buat Tepur Banda. Makanya saya sudah dekat dengan kue ini sejak kecil. Tapi mulai serius belajar membuatnya ketika sudah dewasa," tuturnya kepada Tri bun Medan, Jumat (1/5/2020).

Saat bulan ramadan tiba, Syamsinar mengaku memproduksi lebih banyak Tepur Banda dan beberapa kue lainnya yakni Dangai, Gading Galuh, Bika Ubi, dan Kue Lapis.

Selain dijual eceran, kue Makcik Cam inu juga banyak dipasarkan kembali oleh para pengecer untuk menjual takjil.

Kue Tepur Banda Makcik Cam ini bisa Anda temukan di Jalan Platina II No.50B, Titi Papan, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan.

Syamsinar mengatakan, bahwa Tepur Banda menjadi kue paling populer dan diminati oleh pelanggannya.

Hal ini karena tidak banyak yang mampu membuatnya dengan cara yang tepat untuk menghasilkan rasa yang pas. Terlebih ketersediaan alat untuk memanggang kue.

Halaman
123
Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved