Breaking News:

Ramadhan 2020

Jalani Ramadan Pertama di Denmark, Muhammad Aswin Rutin Video Call Orangtua Saat Pandemi Covid-19

Berpuasa di negara yang memiliki durasi puasa terlama di dunia ini sempat menimbulkan kekhawatiran Aswin ketika di Indonesia.

TRIBUN MEDAN/HO
DOKUMENTASI Muhammad Aswin Rangkuti di Denmark sebelum diberlakukan semi lockdown. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Momen hari pertama puasa biasanya identik dengan berkumpul bersama keluarga untuk menjalani sahur maupun berbuka puasa.

Namun, tahun ini berbeda bagi Muhammad Aswin Rangkuti yang menjalani Ramadan untuk tahun pertamanya seorang diri di Copenhagen, Denmark.

Aswin datang ke Denmark sejak Desember 2019 untuk menempuh pendidikan jenjang  PhD in Didactics of Physics di University of Copenhagen, Denmark.

Bagi Aswin, menjalani Ramadan di negeri orang untuk pertama kali memberikan pengalaman yang sangat berbeda baik dari durasi waktu, lingkungan atau sosial di negara berjuluk The Viking ini.

Denmark yang berbatasan dengan Jerman ini menjadi satu diantara negara yang memiliki waktu puasa yang berdurasi paling lama hingga 20 jam. Hal ini turut dirasakan Alwin ketika jalani puasa pertama kali di Denmark.

"Jika di Indonesia rata-rata kita berpuasa sekitar 12 jam, di Denmark durasi puasa hari-hari pertama tahun ini hampir 18 jam. salat subuh sekitar jam 3 pagi dan berbuka sekitar jam 9 malam," ungkap Aswin, Minggu (3/5/2020).

Aswin juga menuturkan bahwa durasi berpuasa yang cukup lama ini menjadi hal unik bagi dirinya yang pertama kali jalani puasa di Denmark.

"Cukup unik karena pengalaman pertama merasakan jam delapan malam, cahaya matahari masih kelihatan sekitar jam setengah sembilan malam mulai redup. Pada hari-hari akhir Ramadan nanti, durasi puasa bakal sampai sekitar 20 jam," tuturnya.

Ramadan identik dengan menu berbuka puasa yang hanya ada di bulan Ramadan.

Makanan khas Ramadan inilah yang begitu dirindukan oleh Aswin yang tidak ia dapatkan di Denmark.

Halaman
1234
Penulis: Kartika Sari
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved