Breaking News:

Ramadhan 2020

Masjid Taj'ul Madras Gelar Kajian Virtual via Youtube, Inovasi Perkuat Iman di Bulan Ramadan

Kajian virtual via online (Youtube) sudah direncanakan saat beberapa minggu menjelang Ramadan.

TRIBUN MEDAN/RECHTIN
KEGIATAN rekaman video untuk kajian rutin virtual selama ramadan oleh BKM Masjid Taj'ul Madras Medan. Video kajian rutin ini bisa dilihat dan didengarkan di kanal youtube TAJ-UL MADRAS Tv. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Dampak virus Corona yang tidak memungkinkan untuk adanya kerumuman dan perkumpulan massa tidak menyurutkan semangat beribadah umat muslim.

Beribadah dari rumah dan mendengarkan ceramah virtual menjadi solusi untuk terus menjaga keberkahan bulan ramadan yang berlimpah pahala.

Seperti yang dilakukan oleh BKM Masjid Taj'ul Madras yang melakukan kajian secara online yang bisa diakses siapa saja dari kanal youtube TAJ-UL MADRAS Tv.

Sekretaris BKM Taj'ul Madras, Rifaat mengatakan bahwa kajian via online sudah direncanakan saat beberapa minggu menjelang Ramadan.

Hal ini dikarenakan pihak BKM sudah menyiasati jika kajian tatap muka tidak bisa diadakan.

"Beberapa rekaman video untuk kajian rutin tiap hari kita ambil sejak dua minggu sebelum ramadan. Karena melihat keadaan pandemi corona yang belum mereda, jadi kita berinisiatif untuk membuat kajian dengan cara yang lain," ujar Rifaat, Minggu (3/5/2020).

Rifaat menjelaskan jadwal kajian virtual yang diadakan Masjid Taj'ul Madras. Setiap Senin dan Rabu diadakan live streaming via youtube selesai sholat tarawih pukul 21.30 WIB dan kajian rutin setiap hari pada pukul 17.00 WIB.

"Kajian virtual kita ada yang live ada juga yang recorded untuk setiap harinya. Pertama live kemarin di hari Senin yang dibawakan oleh Ustadz Latif Khan," tuturnya.

Inilah Masjid Pertama di Binjai Peninggalan Kesultanan Langkat

Untuk yang mengikuti kajian berasal dari berbagai kalangan yakni jamaah Masjid Taj'ul Madras yang terdiri dari warga sekitar dan simpatisan. Beberapa kajian telah ada dan bisa ditonton langsung di kanal youtube TAJ-UL MADRAS Tv.

Rekaman kajian rutin yang akan terus diunggah setiap harinya di bulan ramadan, terang Rifaat akan diisi oleh ustadz dan penceramah yang berbeda-beda.

Lokasi rekaman juga berbeda-beda ada yang di rumah ada juga yang di masjid.

"Kalau untuk yang rutin setiap hari itu ustadz nya berbeda-beda. Kita juga terus melakukan proses rekaman di bulan ramadan ini untuk memenuhi video kajian yang rutin diunggah setiap harinya," ujarnya.

Rifaat mengatakan bahwa sejauh ini antusiasme jamaah cukup besar untuk mengikuti kajian meskipun secara virtual.

Dirinya berharap banyak masyarakat yang mengetahui adanya kajian virtual ini dan ikut menambah ilmu dengan kajian-kajian rutin virtual yang dilakukan oleh Masjid Taj'ul Madras.

"Harapannya semakin banyak yang subscribe channel youtube kami, jadi bisa semakin banyak yang mendengarkan ceramah singkat di setiap episode. Jadi di masa pandemi inu tidak menghalangi kita untuk terus mendalami ilmu agama dan meningkatkan iman," pungkas Rifaat.(cr14/tri bun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved