Meski Sempat Dibakar Nelayan, Kapal Pukat dari Batubara Masih Berlayar di Sergai

Pol Airud Polres Serdang Bedagai mengamankan kapal pukat tarik (Hela) dan 3 alat tangkapnya dua mil dari bibir pantai Desa Pematang Kuala.

HO
Personel Sat Pol Airud Polres Serdang Bedagai ketika mengamankan kapal pukat tarik di perairan Serdang Bedagai. 

TRI BUN-MEDAN.com, SERGAI - Sat Pol Airud Polres Serdang Bedagai mengamankan kapal pukat tarik (Hela) dan 3 alat tangkapnya dua mil dari bibir pantai Desa Pematang Kuala Kecamatan Teluk Mengkudu, Sabtu (2/5/2020).

Penangkapan ini dilakukan pada saat pelaksanaan patroli di perairan Teluk Mengkudu. Ada dua orang diamankan yakni Hendri (37) yang menjadi nahkoda dan Jusrik (38) warga Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara.

Kapolres Serdang Bedagai, AKBP Robin Simatupang melalui Kasat Pol Airud, AKP Chandra T Situmorang menyebut pihaknya sudah mengamankan barang bukti berupa dua unit kapal tanpa nama dan tiga set alat tangkap ikan jenis pukat Hela dasar berpapan (Otter Trowl), 3 fiber ikan serta 2 set katrol (Penggiling Pukat).

"Awal penangkapan, bermula saat tim Sat Pol Airud melaksanakan patroli di perairan Teluk Mengkudu dari dermaga Sat Pol Airud dengan menggunakan Kapal Patroli KP 2029 menuju perairan krumbuk dan perairan sialang buah Teluk Mengkudu sekira pukul 08:30WIB. Namun sekira pukul 09.30 personel Sat Pol Airud menemukan kurang lebih ada 45 unit pukat trawl dan pukat tarik beroperasi di perairan wilayah hukum Sergai," kata AKP Chandra Minggu, (3/5/2020).

Saat itu juga, lanjut Chandra, timnya kemudian melakukan pengejaran terhadap kapal pukat trawl asal Pagurawan, Kabupaten Batubara.

Disebut saat itu juga awak kapal melihat petugas Sat Pol Airud, sehingga langsung bergegas untuk melarikan diri dan mengarah pulang ke Pagurawan.

Upaya itu berhasil digagalkan Tim Patroli Sat Pol Airud Polres Sergai yang berhasil merapat ke kapal pukat trawl.

Selanjutnya petugas melakukan pemeriksaan dan menemukan alat tangkap yang dilarang yaitu pukat tarik dan pukat trawl.

"Hasil pemeriksaan Tim Patroli Sat Pol Airud Polres Sergai mengamankan dua nahkoda serta pukat tarik dan pukat trawl," kata AKP Chandra.

“Saat ini Sat Pol Airud sudah mengamankan kapal dan alat tangkap sebanyak 3 buah untuk bawa ke Mako Satpol Airud dan membuat berita acara penyerahan kepada petugas serta membuat surat pernyataan agar mereka tidak mengulangi perbuatannya kembali dengan menggunakan alat tangkap tersebut," imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: Indra Gunawan
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved