Breaking News:

Penerapan Cluster Isolation di Medan

Ini Penjelasan Kasatpol PP Medan Beber soal Tahan KTP Warga yang Tak Gunakan Masker

Kasatpol PP Kota Medan menegaskan pihaknya akan tetap lakukan razia masker guna memutus rantai penyebaran Covid-19

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Juang Naibaho
TRIBUN MEDAN/MAURITS
PLT Wali Kota sedang berkonsultasi dengan pihak Satpol PP saat razia masker di Pasar Sentosa, Medan, Senin (4/5/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Kasatpol PP Kota Medan M Sofyan menyampaikan bahwa razia masker yang baru saja digelar pada hari ini, Senin (4/5/2020) di Pasar Sentosa, Jalan Sei Kera Hilir, Kecamatan Medan Perjuangan berdasarkan Peraturan Wali Kota (Perwal).

"Itu berangkat dari Perwal No 11, Tahun 2020, salah satu pasalnya, pasal 25, yaitu penahanan kartu identitas, berupa KTP elektronik," ujarnya saat dimintai keterangan pascarazia masker di Pasar Sentosa pada Senin (4/5/2020).

Kasatpol PP juga sampaikan bahwa pihaknya akan tetap lakukan razia masker guna memutus rantai penyebaran Covid-19, secara khusus Kota Medan.

"Ini kita lakukan terus, ini kita jadikan momen awal untuk razia dan penindakan karena ini adalah pasar yang dikelola Perusahaan Daerah Pasar. Artinya, ini kan merupakan milik Pemerintah Kota Medan. Kita berangkat dari rumah kita dulu," sambungnya.

Warga yang tidak menggunakan masker di sekitar Pasar Sentosa segera ditertibkan oleh Satpol PP Medan dengan menurunkan sejumlah personel yang diturunkan.

"Kita tertibkan pedagang kita termasuk dari warga masyarakat yang hadir di sini untuk berbelanja. Setelah itu akan kita seser lagi lokasi-lokasi lainnya," terangnya.

Selain penindakan, pihak Satpol PP juga lakukan sosialisasi terhadap warga yang tidak memiliki masker.

"Ini juga ada unsur sosialisasinya, kita lakukan razia, kita lakukan penindakan. Kita juga sekaligus sosialisasi sambil berjalan keseluruhan, masker juga kita bagi di sini, manakala terjaring tidak gunakan masker," lanjutnya.

Masa penahanan KTP tersebut selama tiga hari. Warga yang kena penindakan harus datang langsung ke kantor Satpol PP Medan saat pengambilan KTP tersebut.

"Kita tahan selama tiga hari saja, yang bersangkutan dengan berita acara yang dia pegang, berita acara penahanan, silakan nanti warga ke markas. Di situ akan kita serahkan dan kita lakukan pembinaan," sambungnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved