Lebih 2 Ribu TKI Asal Sumut Akan Pulang dari Malaysia, Pemprov Awasi Jalur Tikus

Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatra Utara menyampaikan, sebanyak dua ribu lebih Tenaga Kerja Indonesia (TKI) akan datang dari Malaysia.

Tribun Medan
Sebanyak 72 TKI ilegal yang pulang dari Malaysia ditelantarkan pemilik kapal, Selasa (28/4). Saat ini, TKI ilegal itu sudah diamankan di Posko Karantina Gugus Tugas Covid-19 Kota Tanjungbalai.(HO) 

TRI BUN MEDAN.com, MEDAN - Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatra Utara menyampaikan, sebanyak dua ribu lebih Tenaga Kerja Indonesia (TKI) akan datang dari Malaysia.

Para tenaga kerja yang dipulangkan dari Malaysia ini, karena tidak memiliki dokumen resmi, hingga menjadi tahanan imigrasi di negeri Jiran.

Selain itu, pemulangan ini juga dilakukan pascaditetapkannya kebijakan lockdown oleh Malaysia.

Ribuan TKI asal Sumut ini masuk melalui pelabuhan-pelabuhan yang ada. Untuk itu, pemerintah akan memperketat penjagaan di pelabuhan yang ada di Sumut.

Terkhusus, pada jalur-jalur tikus yang sering digunakan untuk menyalurkan TKI ilegal.

Penjagaan ini dilakukan untuk mengantisipasi masuknya TKI yang terpapar wabah virus Corona atau Covid-19.

"Hasil rakor kita kemarin, ada 2.200 lebih lagi yang akan masuk ke Sumut. Dan TKI ini asli warga Sumut yang akan masuk," kata Kadisnaker Harianto Butarbutar, Minggu (3/5/2020). Akan tetapi, ia tidak menjelaskan secara detail, kapan para TKI ini akan tiba di Sumut.

Di antara ribuan, sebagian TKI ini diperkirakan akan masuk melalui jalur tikus.

"Ya macam lah itu, ada yang melawati jalur resmi dan ada yang ilegal," jelasnya.

Harianto mengatakan, jika TKI yang pulang dari Malaysia tiba di Sumut mengantongi berkas lengkap, pemerintah tidak akan mempersulitnya.

Halaman
12
Penulis: Satia
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved