Pelatih Tim Sepakbola Sumut Tak Masalah PON XX Ditunda

Tim sepak bola Sumut menunda persiapan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 yang akhirnya diundur sampai tahun 2021 akibat pandemi Covid-19.

Tribun Medan/Ilham Fazrir Harahap
Pelatih Tim Sepakbola Sumut Ansyari Lubis 

TRIBUN-MEDAN.com - Tim sepak bola Sumatera Utara menunda persiapan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 yang akhirnya diundur sampai tahun 2021 akibat pandemi Covid-19.

Pelatih Tim Sepakbola Sumut Ansyari Lubis mengatakan, persiapan telah berjalan sejak Januari kemarin.
"Sebelum Covid-19 melanda, tim PON sudah latihan dari awal Januari sampai pertengahan Maret. Kalau soal penundaan, enggak ada masalah. Ini juga tentang keselamatan manusia," kata Ansyari, Minggu (3/5/2020).

Meski pemusatan pelatihan ditunda, program latihan untuk para pemain tetap berjalan. Ia meminta pemain latihan mandiri dan mengirimkan video latihan kepada pelatih.

"Untuk persiapan, pemain masih latihan mandiri. Saya sudah kasih program latihan buat mereka untuk di rumah. Kemudian masing-masing pemain kirimkan video latihannya," ungkapnya.

Mantan asisten pelatih PSMS ini belum bisa menjabarkan jadwal kapan akan berlatih dan berkumpul lagi.

"Jadwal kumpul dan latihan lagi belum ada. Sebelum ada wabah, direncanakan awal Juli. Tapi sekarang belum diputuskan oleh KONI Sumut. Jadi kami menunggu arahan saja," pungkasnya.

Akhir tahun lalu, diputuskan sebanyak 12 tim dipastikan lolos ke putaran final Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 cabang sepakbola putra.

Komposisi 12 tim yang melaju ke putaran final PON Papua 2020 terdiri dari: tujuh tim yang menjadi juara grup di babak kualifikasi, tiga tim dari perwakilan dari Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera, satu tim juara bertahan, dan satu tim tuan rumah.

Adapun tujuh tim yang menjadi juara grup di fase kualifikasi yaitu Jawa Tengah dari Grup 1, Jawa Timur dari Grup 2, Nusa Tenggara Timur (NTT) dari Grup 3, Kalimantan Timur dari Grup 4, Sulawesi Utara dari Grup 5, Sulawesi Selatan dari Grup 6, serta Maluku Utara dari Grup 7.

Untuk tiga tim perwakilan Porwil Sumatera yang akan tampil di putaran final PON Papua 2020 adalah Aceh, Sumatera Utara, dan Bengkulu. Putaran final cabang sepak bola juga akan diikuti oleh Jawa Barat selaku juara bertahan, serta tuan rumah Papua. (lam)

Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved