Breaking News:

Pemkab Dairi Minta Laporan Pengusaha Jika PHK Karyawan

Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Ketenagakerjaan Kabupaten Dairi mengaku belum menerima satu pun laporan mengenai PHK

TRIBUN MEDAN/INDRA
BURUH yang di PHK sat melakukan aksi unjukrasa di kantor UPT Pengawasan Disnaker Sumut beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dohu Lase

TRI BUN-MEDAN.COM, DAIRI - Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Ketenagakerjaan (DPMPTSPK) Kabupaten Dairi mengaku belum menerima satu pun laporan mengenai PHK karyawan dari perusahaan yang ada di Dairi.

Kasi Hubungan Industrial Bidang Ketenagakerjaan DPMPTSPK Dairi, Desman Sihotang mengatakan, berdasarkan data per Maret 2020, ada 595 karyawan di Dairi. Belum satu pun belum di-PHK ataupun dirumahkan karena dampak pandemi Covid-19.

"Data itu didapat bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan," ujar Desman, Senin (4/5/2020).

Walau begitu, Desman mengakui ada sejumlah usaha mikro, kecil dan menengah yang sudah merumahkan karyawannya.

"Sebagai contoh, usaha dagang eceran dan sejenisnya, yang mana karyawannya tidak terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan," kata Desman.

Lebih lanjut Desman mengatakan, pihaknya memahami situasi pandemi Covid-19 berimbas pada kelesuan ekonomi. Namun, ia mengimbau para pengusaha/bos perusahaan untuk tetap memberikan THR karyawannya sesuai regulasi.

Selain itu, ia berharap para pengusaha/bos perusahaan dapat aktif melapor ke DPMPTSPK terkait kebijakan PHK karyawan, agar pemerintah dapat segera mengetahui.

"Pemerintah sudah membuka program pra-kerja, sehingga dengan diaporkan, pemerintah bisa tahu untuk menggiring para korban PHK untuk mendaftar pra-kerja," pungkas Desman.

Data Disnaker Sumut

Halaman
1234
Penulis: Dohu Lase
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved