Breaking News:

Pensiunan ASN Laporkan Bupati Rapidin Simbolon ke Presiden, Ini Respons Pemkab Samosir

Pensiunan ASN di Samosir, Saut Limbong melaporkan Bupati Samosir Rapidin Simbolon kepada Presiden Joko Widodo dan juga ke KASN

Ist
Bupati Samosir Rapidin Simbolon 

TRI BUN-MEDAN.COM, SAMOSIR - Seorang pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Samosir, Saut Limbong melaporkan Bupati Samosir Rapidin Simbolon kepada Presiden Joko Widodo dan juga ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Laporan itu dilayangkan Saut pada 29 April 2020 lalu.

Kepala Dinas Kominfo Samosir Rohani Bakkara menyampaikan klarifikasi soal pernyataan Bupati Rapidin Simbolon mengabaikan surat rekomendasi Komisi ASN RI.

"Saut Limbong adalah PNS di lingkungan Pemkab Samosir yang bertugas sebagai pejabat pelaksana pada Sekretariat Daerah Samosir berdasarkan Keputusan Bupati No 06 Thn 2020 tanggal 3/1/2020 tentang Pemberhentian PNS dari Jabatan Administrator di Lingkungan Pemkab Samosir," ujar Rohani, Senin (4/5/2020).

Saut Limbong mencapai batas usia pensiun terhitung mulai tanggal 1/5/2020, berdasarkan Keputusan Bupati Samosir pada tanggal 19/12/2019.

Selain itu, penetapan itu berdasarkan hasil penilaian Bupati Samosir dan pertimbangan Baperjakat bahwa Saut tidak cakap dan tidak profesional dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai seorang sekretaris dinas, sehingga dipandang tidak produktif lagi untuk memangku jabatan administrator.

Lalu, kata Rohani, Saut Limbong telah mengajukan permohonan cuti besar selama 3 bulan terhitung mulai tanggal 27/1/2020-26/4/2020 dengan alasan berobat ke luar negeri.

"Saat klarifikasi ini disampaikan, Saut Limbong telah menjalani masa pensiun terhitung tanggal (1/5/2020)," tambah Rohani.

Sebelumnya, Saut Limbong melaporkan Bupati Samosir Rapidin Simbolon kepada Presiden Joko Widodo. Hal itu dikarenakan Bupati Samosir mengabaikan surat rekomendasi KASN nomor B-484/KASN/2/2020 tanggal 14 Februari 2020 perihal dugaan pelanggaran Sistem Merit di lingkungan Pemkab Samosir.

Saut mengaku melapor ke KASN Pusat hingga ke Presiden Jokowi tanggal 29 April 2020 untuk mendapat keadilan terhadap sikap dan tindakan Bupati Samosir yang tak mengindahkan rekomendasi KASN pusat.

Halaman
12
Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved