672 Ribu UKM dan 7.700 Koperasi Terdampak Pandemi Covid-19 di Sumut

UKM dan koperasi mengalami penurunan cukup signifikan sebab permintaan masyarakat juga menurun.

TRIBUN MEDAN/NATALIN
PLT Kadis Koperasi dan UKM Sumut, Haykal Amal saat berada di Kampoeng Ramadhan UMKM Cegah Covid-19 di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU). 

TRI BUN-MEDAN.COM, MEDAN - Selain berdampak terhadap industri-industri besar, virus Corona atau Covid-19 juga berimbas terhadap UKM dan koperasi.

Aktivitas ekonomi dan kegiatan usaha di sektor UKM dan koperasi pun mengalami penurunan.

Plt Kadis Koperasi dan UKM Sumut, Haykal Amal mengatakan permasalahan UKM dan koperasi cukup signifikan sebab terjadi penurunan yang disebabkan karena permintaan masyarakat menurun.

"Para UKM dan anggota koperasi itu kesulitan mencari bahan baku karena banyaknnya perusahaan yang tutup atau tidak menjalankan aktifitasnya membuat terganggunya bahan baku, terlambatnya produksi dan distribusi karena transportasi juga dan beberapa hal menyangkut diperlukannya hal hal terkait yang dibutuhkan UKM," ujar Haykal dalam telekonferensi, Selasa (5/5/2020).

Selain itu, kata Haykal, para UKM juga kesulitan mencari akses pembiayaan apalagi di era pandemi ini.

Sebagaimana diketahui pihak kementerian dan presiden juga memberikan keringanan bagi pembiayaan dengan tegang waktu enam bulan.

"Permintaan yang turun, kesulitan bahan baku dan distribusi, akses pembiayaan mengakibatkan kinerja UKM menurun dan kinerja UKM menurun tentunya mempengaruhi beban arus kas di pembiayaan UKM yang akhirnya kebanyakan UKM mengalami pengangguran dan kemiskinan," ungkapnya.

Ia mengaku, pandemi Covid-19 ini juga mengakibatkan kegiatan usaha berhenti dan banyaknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Pada masa resesi sebelumnya, mungkin UKM masih bisa berjaya, banyak orang phk tapi UKM masih bisa melaksakan aktifitasnya tapi di era pandemi ini para ukm khususnya Sumut mengalami kendala yang cukup signifikan.

Menurutnya, saat ini terdapat 960 ribu UMKM serta 11 ribu koperasi di Sumut. Dari jumlah itu, sebanyak 672 ribu UKM dan 7.700 koperasi mulai terdampak pandemi Covid-19.

Halaman
12
Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved