Breaking News:

Ramadhan 2020

Masih Ada Pandemi, Masjid Perjuangan 45 Tiadakan Kultum Selesai Salat Subuh

Masjid Perjuangan 45 tetap melakukan pembagian bubur khas melayu yang dicampur dengan anyang.

TRIBUN MEDAN/RECHTIN
MASJID Perjuangan 45 Jalan HM Yamin Medan, masjid peninggalan Tengku Matseh yang dibangun tahun 1928 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Sama seperti beberapa masjid pada umumnya, Masjid Perjuangan 45 juga tampak tidak seramai Rramadan-ramadan sebelumnya. Hanya ada para pekerja pembangunan masjid yang tengah merenovasi bangunan masjid.

Berdasarkan keterangan Ketua BKM Masjid Perjuangan 45, Muhajar Koto, beberapa kegiatan yang tetap dilakukan adalah tarawih dan salat fardhu.

Sementara untuk kultum setelah salat subuh yang selalu dilakukan di bulan Ramadan tidak lagi dilakukan.

"Semenjak wabah virus Corona, memang kita meniadakan beberapa kegiatan. Namun ibadah salat fardhu di masjid masih dilakukan dengan tetap melakukan protokol kesehatan seperti setiap jamaah yang masuk harus lewat bilik disinfektan, harus mencuci tangan dan memakai masker," tutur Muhajar kepada Tri bun Medan, Selasa (5/5/2020).

"Berbuka puasa bersama juga tidak kita adakan serta kultum selesai salat subuh. Mengingat memang harus mengurangi interaksi yang berlebih di masa pandemi ini," tambahnya.

Berita Foto: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Secara Resmi Membuka Kampoeng Ramadan di PRSU

Masjid Perjuangan 45 juga tetap melaksanakan tadarus usai salat tarawih meskipun jumlah peserta yang tidak begitu banyak jika dibandingkan dengan sebelum virus Corona.

"Kalau tadarus di sini masih ada juga walaupun enggak begitu banyak pesertanya. Yang paling penting tetap menjaga jarak antar masing-masing peserta," katanya.

Namun, berbeda dengan beberapa masjid lainnya yang meniadakan tradisi yang telah dipertahankan selama bertahun-tahun. Masjid Perjuangan 45 tetap melakukan pembagian bubur khas melayu yang dicampur dengan anyang.

"Namun kita tetap melaksanakan pembagian bubur seperti biasa, hanya menghimbau warga yang mengantre untuk ambil bubur agar tetap menerapkan physical distancing," pungkasnya.(cr14/tri bun-medan. com)

Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved