Triwulan Pertama 2020, Ekonomi Sumut Tumbuh 4,65 Persen

BPS Sumut mencatat produksi tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, dan produksi kayu bulat hasil hutan meningkat.

TRIBUN MEDAN/SEPTRIMA
KEPALA Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Syech Suhaimi dalam paparan rilis resmi BPS Sumut melalui tayangan langsung di Youtube dari Kantor BPS Sumut, Jalan Asrama No 179 Medan. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada triwulan pertama 2020, ekonomi Sumatera Utara (Sumut) tumbuh 4,65 persen dibandingkan triwulan I-2019.

Sedangkan bila dibandingkan triwulan IV-2019, pertumbuhan ekonomi Sumut triwulan I-2020 (q-to-q) menjadi -0,94 persen.

Hal ini diungkapkan Kepala BPS Sumut Syech Suhaimi dalam live streaming yang diselenggarakan melalui tayangan langsung di YouTube dari Kantor BPS Sumut, Jalan Asrama No 179 Medan, Selasa (5/5/2020)

"Perekonomian Sumut tersebut berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku triwulan I-2020 mencapai Rp 207,27 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp 136,72 triliun," ujarnya.

Ia mengatakan ada beberapa peristiwa penting yang terjadi pada triwulan pertama.

Ia mengatakan BPS Sumut mencatat produksi tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, dan produksi kayu bulat hasil hutan meningkat. 

Sedangkan industri makanan dan minuman menurun karena Industri CPO juga menurun.

"Industri Pengolahan Tembakau, industri Karet, Barang dari Karet dan Plastik, serta Industri Logam Dasar mengalami penurunan. Dari sisi realisasi belanja modal untuk bangunan (APBD dan APBN) menurun," ujarnya.

Ia mengatakan perdagangan Mobil dan Sepeda Motor dan Perdagangan Besar dan Eceran menurun, Infokom mengalami perlambatan.

Sedangkan dari sisi jumlah wisatawan mancanegara mengalami penurunan.

Halaman
123
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved