Breaking News:

Setahun Perubahan Menuju Dairi Unggul

Hari Kamis, 23 April 2020, genap satu tahun pemerintaham Bupati Eddy Berutu memimpin Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Editor: Ismail
DOK Humas Pemkab Dairi
Bupati Dairi Eddy Berutu 

MEDAN.TRIBUNNEWS.com, DAIRI - Hari Kamis, 23 April 2020, genap satu tahun pemerintahan Bupati Eddy Berutu memimpin Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Mengusung visi, misi ‘Dairi Unggul’, Bupati Dairi Eddy Berutu diklaim sukses membangun Kabupaten yang dijuluki Bumi Sulang Silima ini.

Berbagai program telah digulirkan oleh pemerintahan  dalam setahun perjalanan pemerintahan untuk mewujudkan Dairi Unggul yang menyejahterakan masyarakat dalam harmoni keberagaman.

Arah kebijakan pembangunan tahun 2019-2020 adalah Reformasi Birokrasi dengan mengoptimalkan tata kelola pemerintahan.

Sesuai dengan arah kebijakan tersebut salah satu yang paling pokok adalah ‘Dairi Gerak Cepat’ antara lain dalam bentuk program Reformasi Birokrasi terutama menyangkut aspek sumber daya manusia aparatur.

Yakni, upaya melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan, perubahan besar dalam paradigma dan tata kelola pemerintahan untuk menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional dengan karakteristik adaptif, berintegritas, bersih dari perilaku korupsi kolusi dan nepotisme, mampu melayani publik secara akuntabel, serta memegang teguh nilai-nilai dasar organisasi dan kode etik perilaku aparatur negara.

Dalam setahun berjalannya pemerintahan ini, Bupati Dairi Eddy Berutu berkomitmen teguh dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean governance), salah satu contoh yang ditunjukkan yakni kenaikan pangkat dan promosi jabatan tanpa mahar atau uang  tapi berdasarkan kepantasan (merit system) dan kinerja dengan menerapkan Sistem Seleksi dan Promosi Secara Terbuka yang terus dikembangkan.

Program lain didalamnya adalah penataan struktur organisasi pemerintah dengan melebur 5 (lima) dinas agar menjadi lebih ramping, menghilangkan tumpang tindih tupoksi sekaligus meningkatkan efisiensi dan efektifitas organisasi pemerintahan. Selain itu, upaya meminimalisir terjadinya kebocoran penggunaan anggaran yang tidak produktif dan proporsional.

Disadari bahwa Reformasi Birokrasi ini bukanlah program yang manfaatnya bisa langsung terlihat dan dirasakan oleh masyarakat. Bukannya seperti membangun sesuati yang wujud fisiknya bisa diraba dan nyata bagi masyarakat. Tapi merupakan pilar penting sebagai motor program-program ‘Dairi Unggul’ lainnya.

Program Unggulan Terus Digulirkan

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved