Breaking News:

Ramadan Pertama di London, Begini Cara Rica Asrosa Obati Rindu Kampung Halaman

Di Indonesia jam 6-7 malam sudah bisa berbuka puasa, di sini saya harus menahan lapar lebih lama sampai jam 9 malam

Penulis: Kartika Sari | Editor: Salomo Tarigan
HO/tri bun medan
Dokumentasi Rica Asrosa sebelum diberlakukan penerapan lockdown di London 

TRI BUN-MEDAN.com - Suasana Ramadan di negeri yang berpenduduk muslim minoritas terasa beda.

Hal ini yang dirasakan Rica Asrosa saat pertama kali jalani Ramadan di London, Inggris.

Rica menginjakkan kaki di London sejak tujuh bulan lalu untuk menempuh pendidikan program MSc Advanced Materials Science di University College London, Inggris.  

"Perbedaannya terasa sangat signifikan di waktu lamanya kita berpuasa. Jika di Indonesia jam 6-7 malam sudah bisa berbuka puasa, di sini saya harus menahan lapar lebih lama sampai jam 9 malam. Juga waktu salat yang berbeda sekali dengan di Indonesia membuat terasa sedikit aneh," ungkap Rica melalui WhatsApp, Jumat (8/5/2020).

Ia menuturkan bahwa awalnya sempat bingung untuk waktu makan dan tidur lantaran jam berbuka dan sahur yang begitu dekat.

"Bingung kapan makan kapan tidurnya, soalnya jam 11 malam baru selesai Isya dan sedangkan jam 2 pagi sudah harus sahur lagi," tuturnya.

Bagi Rica, masakan ibu ketika bulan Ramadan menjadi hal yang begitu ia rindukan sejak menetap di kota besar yang dijuluki "The Smoke" ini.

"Yang paling saya rindukan adalah masakan ibu saya. Karena saya tidak terlalu jago dalam memasak serta sangat pemilih dalam makanan membuat saya tidak memiliki nafsu makan seperti saya di Indonesia. Selain itu, saya merindukan takjil yg dijual di jalanan ketika di Indonesia," ujar Rica.

Jauh dari tanah air, Rica harus belajar mandiri. Selama bulan Ramadan, gadis berdarah Aceh-Melayu ini mencoba belajar masak makanan Indonesia untuk mengobati rasa rindunya terhadap masakan sang ibu.

"Jika sangat ingin atau rindu dengan makanan sesuatu, saya dan teman berusaha untuk memasaknya sendiri walaupun tidak seoriginal di Indonesia. Contohnya kemarin kami memasak roti canai, pie susu, risol isi keju dan telur serta ayam penyet. Pasta dan Roti Croissant menjadi makanan favorit tambahan saya selama saya berada di sini," kata Rica.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved