Total Sudah Belasan Ribu Pekerja Dirumahkan dan Terkena PHK, Terbanyak di Medan

hingga saat ini jumlah pekerja yang terkena PHK maupun dirumahkan akibat dampak pandemi covid-19 mencapai 14.000 orang.

Tribun-Medan.com/Chandra Simarmata
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Utara, Harianto Butarbutar 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Chandra Simarmata

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumut, Harianto Butarbutar mengatakan hingga saat ini jumlah pekerja yang terkena PHK maupun dirumahkan akibat dampak pandemi covid-19 mencapai 14.000 orang.

Dari total 14 ribu orang tersebut, pekerja di kota Medan menjadi yang terbanyak terkena PHK maupun yang dirumahkan.

"Yang besar di kota-kota seperti Medan, namanya di Medan ini industri, di sini jasa dan banyak penduduknya. Deliserdang juga termasuk dan Siantar. Tergantung penduduknya. Penduduknya yang ramai disitulah yah banyak PHK nya," ujarnya saat dikonfirmasi Tribun Medan, Jumat (8/5/2020) petang.

Harianto menjelaskan, dari total 14 ribu pekerja tersebut, masih lebih banyak yang dirumahkan jika dibanding dengan yang terkena PHK.

Data pekerja yang dirumahkan kata Harianto ada sekitar 13 ribuan, sedangkan untuk yang di PHK relatif lebih kecil sekitar seribuan.

"Contohnya seperti pekerja hotel. Hotelnya gak laku (akibat pandemi) kan gak mungkin dipekerjakannya semua pekerjanya, hotelnya saja gak laku kamarnya. Misalnya plaza tutup, kan gak mungkin dibayarnya karyawannya, jadi dirumahkan karyawannya," jelasnya.

Lebih lanjut Harianto mengatakan , Disnaker Sumut tetap mengimbau agar perusahaan tidak melakukan PHK kepada karyawan di tengah pandemu covid-19 saat ini.

Namun, pihaknya juga tak menampik para pengusaha juga terkena imbas wabah Covid ini. Karena itu semua pihak berharap agar pandemi virus Corona ini bisa segera berakhir.

"Kami menganjurkan pada perusahaanya agar jangan melakukan PHK. Sedapat mungkin jangalh lah. Tapi kan sama pengusahanya gak bisa juga kita bilang apa-apa kalau gak ada usahanya lagi bergerak kekmana gak mem-PHK," kata Harianto.

(Can/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved