Buka Posko Advokasi Pekerja Kena PHK Akibat Covid-19, LBH Medan Sudah Terima 5 Pengaduan

Buka Posko Advokasi Pekerja Kena PHK Akibat Covid, LBH Medan Sudah Terima 5 Pengaduan

TRIBUN MEDAN/ALIF
KEPALA Divisi Buruh LBH Medan, Maswan Tambak 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Chandra Simarmata

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Dampak pandemi covid-19 yang melanda Indonesia khususnya wilayah Sumatera Utara telah memukul berbagai sektor termasuk ekonomi dan usaha.

Akibatnya tidak sedikit pekerja atau buruh yang harus kehilangan pekerjaannya karena terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Terkait kondisi ini, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan telah membuka posko pengaduan ataupun advokasi bagi para pekerja maupun buruh yang dipecat sepihak ataupun dirumahkan tanpa diberikan hak-haknya.

Kepala Divisi Buruh LBH Medan Maswan Tambak mengatakan sudah ada lima jenis pengaduan yang masuk ke lembaganya terkait PHK di tengah pandemi covid-19 hingga Sabtu (9/5/2020).

Dari lima pengaduan tersebut mengakomodir ratusan pekerja ataupun buruh yang mengeluhkan kondisi yang dialaminya.

"Ada sekitar 5 pengaduan. Dalam satu pengaduan jumlah pekerja nya relatif. Ada yang satu pekerja, ada yang lebih. Diperkirakan ratusan orang. Karena dalam masa pandami seperti ini juga tidak efektif kalau menyuruh semua orang datang buat pengaduan, jadi ada perwakilan, " ujarnya.

Maswan mengatakan jika melihat fakta di lapangan dengan kondisi banyak hotel dan mall yang tutup menurutnya ada ratusan pekerja yang terkena dampaknya.

Sejauh ini kata Maswan, pihaknya sudah menyurati lembaga pemerintah mulai dari Gubernur Sumut, Kepala Dinas Tenaga Kerja Sumut, Walikota dan Disnaker Kota Medan serta kepada Presiden dan Menteri Tenaga Kerja dan Komisi IX DPR RI.

Harapannya agar pemerintah bisa mengambil tindakan cepat dan tepat dalam upaya perlindungan pekerja selama masa pandemi covid-19 ini.

Halaman
12
Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved