Sekda Sabrina Sebut Pemda Se-Sumut Belum Ada Setor Data Penerima Bantuan ke Pemprov Sumut

Hingga saat ini, pihaknya belum ada menerima data yang akan digunakan untuk menyalurkan bantuan akibat dampak wabah virus Corona atau Covid-19.

Tribun-Medan.com/Satia
Sekretaris Daerah Sumut Sabrina ditemui di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman, Kota Medan, Senin (27/4/2020). 

TRI BUN MEDAN.COM, MEDAN - Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, Sabrina meminta kepada kabupaten/kota segera melakukan pendataan kepada masyarakat yang akan menerima bantuan dari pemerintah.

Hingga saat ini, pihaknya belum ada menerima data yang akan digunakan untuk menyalurkan bantuan akibat dampak wabah virus Corona atau Covid-19.

Ia berharap, berbagai macam bantuan tersebut dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19 di daerah ini.

Agar bantuan yang akan diserahkan ini tepat sasaran kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkannya.

“Hasil pendataan selanjutnya agar digunakan untuk perbaikan DTKS dan dilaporkan kepada Pemprov Sumut dan Pemerintah Pusat,” ujar Sabrina, Sabtu (9/5/2020).

Selain itu, ada juga bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) diberikan kepada 408.321 Kartu Keluarga (KK) selama tiga bulan, mulai April-Juni 2020.

Kemudian, ada juga Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) diberikan kepada 737.625 KK.

Selanjutnya Bantuan Sosial Tunai diberikan kepada 662.769 KK selama 3 bulan, mulai April-Juni 2020.

Selanjutnya Kartu Prakerja diberikan kepada 183.904 orang selama 4 bulan, hingga terakhir pemerintah memberikan keringanan gratis rekening air minum dari PDAM Tirtanadi untuk seluruh pelanggan kategori Rumah Tangga 1 (RT1) selama 3 bulan (Mei-Juli 2020).

Ada juga pogram peningkatan kapasistas koperasi dan UMKM serta lembaga mikro lainnya dalam bentuk insentif dan modal usaha serta bantuan langsung tunai dana desa yang diberikan kepada lebih dari 671.533 KK penerima manfaat.

Bupati/wali kota juga diharapkan menginstruksikan jajarannya untuk ikut berperan aktif dalam penyaluran bantuan pangan/sembako ini dan berkoordinasi dengan Kapolres dan Dandim di wilayahnya masing-masing.

“Realisasi penyaluran agar segera disampaikan kepada Gubernur Sumut dan Pemerintah Pusat,” kata Sabrina.

(Wen/Tribun-Medan.com)

Penulis: Satia
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved