Breaking News:

Ramadhan 2020

Dua Tahun Jalani Ramadan di New York, Maulida Rasakan Nilai Kebersamaan dan Toleransi Beragama

Bagi Maulida, menjalani Ramadan di luar negeri terutama New York hal yang paling signifikan adalah waktu yang jauh berbeda ketika berada di Indonesia.

TRIBUN MEDAN/HO
DOKUMENTASI foto Maulida bersama suami dan anak di New York. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Ramadan selalu disambut suka cita oleh masyarakat muslim di seluruh dunia, mulai dari meramaikan masjid untuk salat tarawih, tadarus hingga berburu takjil berbuka puasa.

Momen tersebut dapat dengan mudah ditemui di negara mayoritas muslim seperti Indonesia.

Berbeda dengan suasana Ramadan di tanah air, Maulida Hadry Sa'adillah berbagi kisah jalani Ramadan di New York, Amerika Serikat.

Maulida menetap di New York sejak Agustus 2018 mengikuti suami, Ahmad Almaududy Amri yang merupakan diplomat di Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York.

Bagi Maulida, menjalani Ramadan di luar negeri terutama New York hal yang paling signifikan adalah waktu yang jauh berbeda ketika berada di Indonesia.

"Kebetulan selama di New York, Ramadan jatuh pada waktu musim semi hingga musim panas, sehingga durasi berpuasa sangat lama antara 16-17 Jam. Suasana Ramadan juga tidak terlalu terasa bahkan bisa dikatakan tidak ada suasana Ramadan di New York kecuali di masjid dibandingkan di Indonesia," ungkap Maulida melalui via WhatsApp, Minggu (10/5/2020).

Maulida menuturkan bahwa masjid di New York rata-rata dibangun komunitas negara muslim dengan mengikuti tradisi Ramadan di negara tersebut, diantaranya adalah Indonesia.

"Masjid Al-Hikmah New York merupakan masjid yang dibangun oleh komunitas masyarakat Indonesia yang tinggal di New York, merayakan Ramadan dengan kebiasaan yang sama seperti di Indonesia. Ceramah, kultum, serta menyediakan makanan berbuka puasa gratis dengan masyarakat sekitar yang terdiri tidak hanya dari muslim Indonesia namun juga warga muslim New York lain," terangnya.

Kisah Masithah Mahsa Jalani Ramadan Pertama di Vietnam, Terkenang Serunya Berburu Takjil di Medan

Masjid Al Hikmah berjarak waktu 20 menit dari kediaman Maulida.

Namun, selama jalani Ramadan di New York, ia beserta suami dan kedua anaknya memilih untuk melakukan tarawih di rumah.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved