Breaking News:

Ramadhan 2020

Perkuat Literasi Islami Selama Ramadan, IQR Regional Medan Donasikan Alquran ke Beberapa Masjid

Harapannya di masjid-masjid maupun musala terdapat fasilitas Al Quran dan iqra yang memadai untuk jamaah yang mau belajar membaca Al-Quran

TRIBUN MEDAN/RECHTIN
TIM IQR Regional Medan saat melakukan donasi waqaf Al-Quran dan iqra di beberapa masjid, Sabtu (9/5/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Organisasi yang bergerak di bidang literasi, edukasi, sociopreuner dan kepemimpinan, IQR Regional Medan melakukan kegiatan donasi Al Quran dan iqra kepada beberapa masjid di Kota Medan selama bulan Ramadan.

Untuk penyaluran donasi dilakukan pertama kali Sabtu (9/5/2020).

"IQR merupakan yayasan yang bergerak di bidang literasi, edukasi, sociopreneur dan kepemimpinan. Sehubungan dengan itu karena ini bulan Ramadan kami juga mengambil inisiatif untuk memanfaatkan momen Ramadan tahun ini untuk melakukan kegiatan amal yang insyaallah sifatnya berkelanjutan dan akan menjadi salah satu program yang akan terus dilakukan oleh IQR Regional Medan," tutur koordinator IQR Regional Medan, Aldi Ardiansyah, Minggu (10/5/2020).

Aldi mengatakan kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan IQR Regional Medan terhadap umat islam yang mau mendekatkan diri kepada Al Quran di bulan yang merupakan bulan turunnya Al Quran.

"Harapannya di masjid-masjid maupun musala terdapat fasilitas Al Quran dan iqra yang memadai untuk jamaah yang mau belajar membaca Al-Quran maupun mempelajari isinya. Kita juga ingin mengedukasi masyarakat untuk lebih dekat dengan Al Quran khususnya di bulan Ramadan ini," tambahnya.

Diterangkan Aldi, kegiatan ini dilakukan di tiga tempat yakni Mushola Al Ikhwan Jalan Tanjung Morawa B Gg Patria, Mesjid Nurul Iman, desa jaharun A kecamatan Galang kabupaten Deli Serdang serts Yayasan Sidratul ulya, jl lengau seprang kecamatan Tanjung Morawa, Deli Serdang.

Kegiatan ini, tuturnya juga menjadi kegiatan penyaluran donasi yang diberikan masyarakat untuk disampaikan ke masjid-mssjid dan musala.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk membantu menyalurkan donasi  saudara-saudara kita yang mau beramal kepada masjid atau sekolah yang membutuhkan Al-Qur'an dan iqra sebagai bahan pembelajaran," ujarnya.

Penerimaan Zakat Sudah Dimulai, Amil Zakat Masjid Al Istiqamah Terapkan Physical Distancing

Untuk menemukan masjid dan musala yang memang sedang membutuhkan bantuan Al Quran dan iqra, Aldi mengaku melakukan survei bersama tim IQR Regional Medan untuk memastikan donasi tersalurkan dengan tepat.

"Sebelum dilakukan penyaluran Al Qur'an dan iqra, kami dari tim IQR Medan melakukan survei terlebih dahulu untuk mencari tahu dimana sekolah atau mesjid yang memang membutuhkan donasi Al Qur'an dan iqra.
Setelah didapat, kegiatan yang dilakukan itu adalah penyerahan donasi Al-Qur'an dan iqra nya kepada pihak setempat," katanya.

Sebagai kegiatan perdana di bulan Ramadan, Aldi mengatakan kegiatan ini direncanakan untuk terus dilakukan selama Ramadan.

"Alhamdulillah, kalau untuk progres kegiatan ini, semalam penyaluran Al Qur'an dan iqra telah dilakukan untuk di masjid dan sekolah yang kami tetapkan. Dan juga karena ini program perdana yang kami lakukan di momen Ramadan progres nya belom terlalu signifikan, masih sebatas penyaluran Qur'an dan iqra kepada tempat yang dituju," tuturnya.

Aldi berharap kegiatan yang dilakukan IQR Regional Medan dapat memberikan dampak positif dan mendukung proses pembelajaran Al Quran di masjid-masjid, musala, dan di sekolah.

"Kami berharap kegiatan ini sekiranya dapat bermanfaat untuk mendukung kegiatan-kegiatan belajar mengaji di tempat tempat baik di sekolah mau pun di masjid," pungkasnya.(cr14/tri bun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved