News Video

Dokter Dewi Ungkap Tahap Pemeriksaan Sampel Metode PCR, yang Dilakukan Laboratorium PCR Covid-19 USU

Pemeriksaan sampel atau spesimen dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) memakan waktu sekitar paling lama tiga hari.

Dokter Dewi Ungkap Tahap Pemeriksaan Sampel Metode PCR, yang Dilakukan Laboratorium PCR Covid-19 USU

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Kepala Laboratorium Rumah Sakit USU, dr Dewi Indah Sari Siregar M.Ked (Clinpath) SpPK mengatakan, dalam pemeriksaan sampel atau spesimen dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) memakan waktu sekitar paling lama tiga hari.

Sementara jika tidak ada hambatan dan persediaan reagensia memadai proses pemeriksaan bisa lebih cepat lagi.

"Prosesnya memakan waktu kurang lebih tiga hari, tapi kalau tidak ada hambatan bisa lebih cepat lagi. Kami pernah mengerjakan sampel hari ini dan besoknya sudah selesai, waktu itu saat reagensianya memadai dan tidak ada hambatan teknis," kata dr Dewi saat diwawancarai Tribun Medan, Senin (11/5/2020).

Sementara itu, diterangkannya dalam beberapa waktu terakhir, proses pemeriksaan PCR yang dilakukannya bersama tim laboratorium PCR USU bisa mencapai lebih dari tiga hari.

Hal ini dikarenakan pengadaan reagensia yang masih sangat terbatas.

"Kalau untuk saat ini proses pemeriksaan kita hampir selalu lebih dari tiga hari, karena keterbatasan reagensia itu tadi," katanya.

Dewi mengatakan bahwa dalam pemeriksaan sampel atau spesimen, dibutuhkan dua cairan dari pasien yang terindikasi virus corona.

Yakni sampel hasil usap hidung dan tenggorok serta sampel dahak.

"Pertama itu kita lakukan persiapan sampel. Di mana sampel itu terdiri dari dua, pertama hasil usap hidung dan tenggorok, dan ada juga dahak. Itu dikirim dari masing-masing rumah sakit atau puskesmas melalui Dinas Kesehatan. Ketika sampai di sini kita lihat kelengkapan datanya, dari mulai nama pasien, asalnya, dan lain-lain," terang Dewi.

Halaman
123
Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: M.Andimaz Kahfi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved